SMP Negeri 6 Talang Kelapa Berdiri 2020 Terus Berbanah


Banyuasin, Liputansumsel.com,-SMP Negeri 6 Talang Kelapa bertempat di Jalan Pangkalan Benteng KM.15  Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan terus berbenah dan mendorong seluruh warga sekolah baik pendidik, tenaga Kependidikan, maupun siswa untuk terus berkreativitas.


Walaupun belum genap dua tahun beberapa kegiatan telah diikuti baik skala regional maupun nasional. Siswa dan Guru didorong semangatnya untuk terus mengembangkan kreativitas. Pengembangan kreativitas siswa melalui kegiatan pembelajaran maupun ekstrakurikuler, Ungkap Dra. Ersusianty selaku kepala Sekolah, Rabu, 5 Januari 2022.


Hal ini telah dibuktikan tahun 2021 dalam kegiatan pembelajaran tiga orang siswa memperoleh kemenangan dalam mengikuti try out yang diselenggarakan salah satu bimbingan belajar di Kabupaten Banyuasin. kegiatan ekstrakurikuler salah satu siswa berhasil terseleksi mengikuti kegiatan Jambore Daerah Kabupaten Banyuasin.


Tidak hanya siswa, pengembangan diri guru pun dilakukan dalam bentuk pendidikan ke jenjang S1 dan S2, Seleksi kepala sekolah penggerak dan pengajar praktik guru penggerak. Webiner sebagai narasumber maupun peserta secara zoom metting, diklat, MGMP, diklat sertifikasi guru, dan hasil karya dalam bentuk buku.


Bidang pendidikan lima orang guru telah menyelesaikan pendidikan S2. Kepala sekolah telah berhasil lulus seleksi Sekolah penggerak dan salah seorang guru juga berhasil dalam seleksi pengajar praktik guru penggerak yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Untuk kegiatan webiner secara Nasional salah satu guru berhasil mengikuti kegiatan Webiner Literasi Digital Tahun 2021 yang diselenggarakan Kementrian Kominfo sebagai narasumber secara Zoom metting.

Webiner yang diselenggarakan oleh berbagai instansi pun diikuti oleh guru sebagai peserta juga melalui zoom Metting, selain itu, kegiatan diklat skala nasional yang diikuti yaitu, diklat Satuan Pendidikan Aman Bencana Tahun 2021 yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana  Republik Indonesia dan berbagai diklat secara daring yang diselenggarakan oleh berbagai instansi.


Selanjutnya, Kegiatan MGMP SMP Kabupaten Banyuasin beberapa guru telah mengikuti kegiatan pembuatan soal asesmen tahun 2021. Beberapa orang guru juga telah berhasil mengikuti Diklat sertifikasi guru yang diselenggarakan Kemendikbud dan Kemenag. Dalam menghasilkan karya dalam bentuk buku, salah seorang guru sedang mengikuti kegiatan penerbitan penulisan buku pantun tunggal yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Rumah Seni Asnur.


Minat masyarakat sekitar untuk menyekolahkan anaknya ke SMPN 6 Talang Kelapa sangatlah besar. Peserta didik kelas 7 dan 8 yang terdaftar untuk tahun pembelajaran 2020-2021 berjumlah 318.

Letak sekolah yang strategis berada dekat perbatasan Kota Palembang juga menjadikan sekolah ini bisa berkembang lebih cepat. Dengan tenaga didik yang berjumlah 25 orang dan ditambah tenaga kependidikan 7 orang sangat menunjang sekolah ini untuk terus meningkatkan kegiatan pembelajaran. Pengelolaan pembelajaran yang baik diperlukan pola pengembangan kreativitas guru yang produktif. Seiring dengan perubahan zaman kreasi guru dalam bentuk ide gagasan yang kreatif dalam memberikan pembelajaran di kelas sangat diperlukan.

Ersusianty juga mengungkapkan akan terus mendorong seluruh guru untuk belajar dan berkarya.


(Rill//Armin)

No comments

Powered by Blogger.