Wabup Hadiri Musrenbang di Davil IV

 

 


LAHAT,liputansumsel.com - Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tingkat Kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah. Sebagai sebuah proses tahunan, Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini.


Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Lahat H. Harianto, SE, MM, MBA, saat menghadiri Musrenbang Dapil IV di Kecamatan Jarai Tahun 2023, Rabu (9/2/2022) yang berlangsung di Aula kantor Kecamatan Jarai.


Musrenbang dihadiri, Anggota DPRD Dapil IV, Seluruh Stafsus, Asisten II, Seluruh KA OPD, Seluruh Camat Dapil IV, para Kepala Desa se-Kecamatan Jarai, para kepala UPTD, para Ketua TP PKK, Tim Monitoring Musrenbang Kecamatan, serta undangan lainnya.

 


Diawal sambutannya  Wabup menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Lahat Cik Ujang SH. tidak bisa hadir dikarenakan masih diluar Kota persiapan akan dilantik menjadi ketua DPC Partai Demokrat Sumsel, namun beliau menitipkan salam untuk semua yang telah hadir disini.


Lanjut Wabup, Musrenbang merupakan wahana untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2023. Oleh karena itu, sambungnya, hendaknya dilaksanakan dengan tertib, lancar, penuh kesungguhan sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat.


“Musrenbang tingkat kecamatan, merupakan media perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023. Oleh karena itu, setiap program yang diusulkan harus matang, sesuai kebutuhan. Sehingga pada saat pelaksanaannya nanti pada tahun 2023, tidak ada ketimbangan,” ujar Wabup.


Masih dikatakan Wabup, Musrenbang Kecamatan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan daerah. Musrenbang, lanjutnya, diselenggarakan guna mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik. Oleh karena itu, menurutnya, penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan harus didasarkan pada asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan, asas kepentingan umum, asas keterbukaan, asas proporsionalitas, asas profesionalitas dan asas akuntabilitas.


“Tidak berkelebihan kiranya jika proses perencanaan pembangunan daerah sudah berlandaskan pada asas yang mengarah pada terciptanya tata kelola kepemerintahan yang baik. Untuk itu, manfaatkan Musrenbang ini sebaik-baiknya,” tandasnya.


Sebelumnya, Camat Jarai, Reyno Delfansyah SIP MM, dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, berupa usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat.


RKPD 2023 lanjutnya, memiliki arti dan posisi yang sangat strategis karena merupakan tahap percepatan untuk mencapai target kinerja pembangunan.


“Saya berharap, Musrenbang Kecamatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan atau program yang diusulkan para kepala desa merupakan program prioritas yang sangat dibutuhkan masyarakat. Selain pembangunan infrastruktur, juga yang menyasar pada peningkatan ekonomi masyarakat,” singkatnya.(pazar)

No comments

Powered by Blogger.