Menjadi Buah Unggullan,Nanas Prabumulih akan diproduksi 1 Ton Perbulan


Prabumulih- liputansumsel.com Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, salah satu sentra produksi nanas mentargetkan produksi serat nanas mencapai satu ton dalam satu bulan. Target itu, mengingat stok atau persediaan daun nanas di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur cukup melimpah.

Saat ini masih ujicoba, dalam waktu dekat insyaallah produksi. Untuk bahan daun Nanas sudah ada, tidak akan kekurangan sehingga yang akan dijadikan serat kita target 1 ton perbulan,” ujar Lurah Kelurahan Karang Jaya, Jekky Fernando, dikonfirmasi Jumat (25/3).


Dikatakan Jekky, hasil produksi serat nanas nantinya akan digabung dengan olahan serat nanas yang ada di Kelurahan Patih Galung. “Hasilnya kita satu pintu gabung sama Nekson yang di patih galung, itu disampaikan langsung oleh pak walikota. Dengan tujuan agar kompak membawa Prabumulih lebih maju,” jelasnya.


Sementara itu, Wali Kota Prabumulih baru-baru ini mengirimkan beberapa sampel serat nanas untuk diuji coba baik ke PT Sritex hingga ke Singapura dan Negara Eropa. Tak hanya itu, Pemkot Prabumulih juga akan menggalakkan lagi budi daya tanaman nanas di Kota Prabumulih.


“Jadi harapan kita kedepan, nanas bukan hanya tanaman tumpang sari akan tetapi menjadi tanaman pokok yang semuanya bisa termanfaatkan. Bisa menjadi pewarna baju, bisa untuk selai dan daunnya bisa menjadi benang,” tukas Ridho Yahya(red)

No comments

Powered by Blogger.