Herman Deru Bersama ICSB Gencar Dorong UMKM Sumsel Naik Kelas

#Buka Festival Jajan Bukoan Gelaran ICSB - TP PKK - IIPK BSB 


Palembang, Liputansumsel.com, - Kalangan UMKM terus mendapat perhatian dari Gubernur Sumsel H. Herman Deru. Selain memulihkan ekonomi, Herman Deru berharap UMKM Sumsel juga bisa naik kelas. Hal ini juga sesuai dengan harapan Indonesia Council of Small Business (ICSB) Provinsi Sumsel. 


Oleh karena itu Herman Deru sangat mendukung gelaran Festival Ramadhan Jajan Bukoan yang digelar Indonesia Council of Small Business (ICSB) Korwil Sumsel yang dipimpin oleh Hj Samantha Tivany HD. 


Acara Festival ini sendiri digelar selama lebih dari dua pekan mulai 8 April hingga 24 April mendatang di Museum Textile kawasan Kambang Iwak. 


Dalam sambutannya H. Herman Deru mengatakan dirinya sangat bangga dengan aksi yang dilakukan ICSB, TP PKK dan IIPK BSB. Upaya ini menurutnya tentu sangat membantu di tengah para UMKM kesulitan mencari tempat untuk menjajakan produknya saat puasa Ramadhan. 


"Ini mulia sekali, apalagi tempat yang disediakan sangat strategis. Ini merupakan komitmen organisasi dan komunitas-komunitas bersama pemerintah memulihkan ekonomi setelah terkontraksi hebat," jelasnya. 


Herman Deru pun mengungkapkan rasa bangganya kepada semua pihak yang sudah memprakarsai kegiatan Jajan Bukoan tersebut. Ia bahkan berharap apa yang dilakukan ICSB-TP PKK dan IIPK BSB ini dapat dilakukan juga di tiap-tiap Kab/Kota. 


" Jangan hanya di Palembang. Saran Saya ini diperluas karen IIPK BSB kan juga ada di kab/kota, ICSB juga apalagi TP PKK bisa sampai ke desa-desa," jelasnya. 


Selain membantu memasarkan produk UMKM menurutnya ICSB, TP PKK maupun IIPK BSB dapat membantu pemerintah menyalurkan UMKM. Caranya tak lain dengan membina UMKM agar mereka lebih mudah mengakses kucuran pinjaman dari bank. 


Dengan berbagai bantuan Pemprov dan ICSB ini diharapan UMKM Sumsel naik kelas dimana usahanya bisa semakin berkembang yang tentu diiringi dengan produktivitas, daya saing meningkat. Sehingga berpotensi melakukan pencapaian lebih tinggi. 


" Jangan hanya fokus dengan yang besar, pelaku usaha kecil ini perlu kita bimbing agar mereka bisa mandiri hingga mencapai harapannya," ujar Herman Deru. 


Sementara itu Direktur ICSB Provinsi Sumsel Hj Samantha Tivany dalam menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti tak kurang sebanyak 60 tenant UMKM. 


Tak hanya menghadirkan jajanan berbuka puasa, selama dua oekan lebih itu berbagai kegiatan juga mereka selenggarakan. Seperti lomba azan, fashion show, demo masa dan demo membuat es krim, pelatihan pengemasan hingga talkshow. 


Menurut Samantha penyelenggaraan festival ini bertujuan menggandeng UMKM untuk ikut berkontribusi memulihkan ekonomi. 


" Komitmennya untuk membantu memulihkan ekonomi pelaku UMKM sehingga mereka bisa naik kelas dan menuuju Sumsel maju," papar Samantha.



Di tempat yang sama Ketua Ikatan Istri Pegawai dan Karyawan Bank Sumsel Vina Ramdiana mengatakan selain membantu pemulihan ekonomi pelaku ekonomi dan masyarakat, penyelenggaraan ini juga untukmemenuhi kebutuhan masyarakat. 


"Disini menyediakan jajan bukoan yang sehat dna terjangkau. Sehingga bisa jadi alternatif pilihan masyarakat. Selain Waroeng Pehkaka dan UMKM binaan ada juga peserta dari luar yang ikut," jelasnya. 


Vina mengatakan sangat berterimakasih atas support yang diberikan Pemprov Sumsel, ICSB dan TP PKK. Iapun berharap kegiatan ini dapat digelar secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang. 


Dalam kesempatan itu IIPK BSB berkesempatan menyerahkan bantuan paket sembako ke ICSB dan Alquran. 


Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumsel M. Yaser, Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Komisaris Utama BSB Edi Junaidi, Direktur Utama BSB Achmad Syamsudin. 


Usai membuka acara tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta rombongan langsung meninjau puluhan stand yang sudah siap menjajakan aneka makanan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.