Vaksinasi Covid-19 di Hari Kartini, Petugas Lapas Perempuan Palembang Pakai Kebaya


Palembang,liputansumsel.com - Ada yang berbeda di momen vaksinasi covid 19 di Lapas Perempuan Palembang hari ini. Pasalnya bertepatan tanggal 21 April sebagai hari kartini, jajaran petugas Lapas Perempuan mengenakan pakaian kebaya ala kartini. 


Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto yang hadir secara langsung meninjau kegiatan vaksinasi memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas sinergi yang baik dengan Badan Intelijen Nasional Daerah (BINDA) Sumsel, serta Pangkalan TNI AL (Lanal) Palembang  .


Kakanwil mengatakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Lapas dan Rutan, pihaknya telah bekerjasama dengan pemprov Sumsel, TNI -Polri, BINDA Sumsel, Pemkab/Pemkot se Sumsel dan pemangku kepentingan lainnya. Dari total 15.898 WBP yang ada di Lapas dan Rutan Sumsel, sebanyak 14.569 WBP dan tahanan sudah divaksin.


Untuk WBP yang belum divaksin sama sekali karena alasan NIK, dikatakan Harun Kanwil Kemenkumham Sumsel telah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Sumsel maupun Kabupaten/Kota dan akan segera dilakukan vaksinasi. Sedangkan bagi WBP yang belum divaksin karena alasan kesehatan, saat ini masih dalam perawatan dokter dan tim medis lapas dan Rutan. 

“Jika mereka sudah sehat akan segera di lakukan Vaksinasi,“ kata Kakanwil Harun. 


Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto mengatakan, saat ini pihaknya fokus agar semua WBP dan tahanan  sehat jasmani dan rohani, tidak tertular covid-19. Untuk itu penerapan prokses ketat di Lapas/Rutan masih dilakukan.


Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang Ike Rahmawati menuturkan, sebelumnya capaian vaksin LPP sudah mencapai 95,6 persen. Pada hari Kartini ini sebanyak 22 orang pegawai dan 70 orang WBP menjadi target vaksinasi khususnya untuk tahap ketiga (booster).


“22 orang pegawai (2 pegawai vaksin ke-2 dan 20 vaksin ketiga), ditambah 70 warga binaan dengan rincian 14 divaksin tahap pertama, 12 WBP vaksin kedua, dan 44 vaksin booster. Vaksin lanjutan juga akan dijadwalkan di bulan depan dan pertengahan Juni, kami targetkan 100 orang pegawai dan 551 wbp seluruhnya segera divaksin lengkap,” kata Ike.


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, Koordinator BINDA Palembang Mayor Inf Mulyawan, dan Kaposda BIN Palembang M. Akbar Thamrin. Serta sebanyak 6 orang vaksinator dari Pangkalan TNI AL Palembang dibantu Dokter dan tenaga kesehatan Lapas Perempuan Palembang.

No comments

Powered by Blogger.