Terpantau Sampai Saat ini Muba Nihil Kasus PMK


MUBA,liputansumsel.com- Upaya maksimal dilakukan Pj Bupati Drs Apriyadi MSi dalam mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban menjelang perayaan Idul Adha. 


Berkaitan hal tersebut, Pemkab Muba menyiapkan seribu dosis vaksin cegah PMK untuk hewan kurban khususnya sapi. 


"Sejauh ini di Muba nihil ada hewan kurban yang terkena PMK, dan untuk itu penyebaran seribu dosis vaksin PMK ini kita masifkan di Muba," ungkap Apriyadi saat meninjau langsung pelaksanaan vaksin PMK di kandang penjualan hewan kurban Sekayu, Rabu (29/6/2022). 


Apriyadi menegaskan, kepada OPD terkait untuk serius dalam upaya pencegahan meminimalisir adanya PMK yang menyerang hewan kurban. "Harus maksimal pengawasannya dan berkoordinasi dengan veteriner di Muba," terangnya. 


Lanjutnya, penyebaran dosis vaksin PMK ini difokuskan ke kandang-kandang penjualan hewan kurban dan cek satu persatu kalau ada hewan kurban dari daerah lain yang melintasi Muba. 


"Fokuskan kandang hewan kurban di jalan lintas, karena penyebaran PMK bisa dengan cepat menyebar," urainya. 


Ia menghimbau, bagi masyarakat atau penjual hewan kurban yang melihat atau hewan kurbannya terkena PMK untuk segera dilaporkan. "Segera laporkan, kita jaga bersama kesehatan hewan kurban dan masyarakat Muba saat menjelang Idul Adha," tegasnya. 


Sementara itu, Kadis TPHP Muba Ir A Thamrin menerangkan pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Keterangan Sehat di lokasi penjualan hewan kurban yang memenuhi syarat dan benar-benar terhindar dari penyakit. 


"Jadi warga Muba tidak usah cemas, kalau di lokasi kandang penjualan hewan kurban sudah ada Surat Keterangan Sehat dipastikan aman dan sudah di cek hewan kurbannya satu persatu," bebernya. 


Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Apriyadi turut didampingi Dandim 0401 Muba Letkol ARM Dede Sudrajat  Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy dan Kepala Perangkat Daerah Muba terkait.

No comments

Powered by Blogger.