Wagub Mawardi Yahya Nantikan Kerja Nyata Alumni UMP Memajukan Pembangunan di Sumsel


PALEMBANG, Liputansumsel.com, -  Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya menghadiri Milad ke-43 sekaligus wisuda ke-72 Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), di Grand Ballroom Hotel Wyndam, Rabu (15/6) pagi. 



Dalam kesempatan itu Wagub Mawardi Yahya mengucapkan selamat  kepada keluarga besar UMP yang telah berhasil meluluskan mahasiswanya dan merayakan Milad ke-43. Ia turut mendoakan agar UMP dapat terus meningkatkan kualitas layanan Pendidikan di Sumatera Selatan. 



Lebih jauh Mawardi mengatakan,  Perguruan Tinggi bertanggung jawab untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkemampuan mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bertanggungjawab meningkatkan kemampuan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 



Mereka juga diharapkan mampu menjawab kebutuhan pengguna khususnya kebutuhan bangsa Indonesia. Dalam era globalisasi yang ditandai oleh persaingan ketat dan arus informasi yang pesat di semua sektor, negara dituntut memiliki daya saing yang kuat agar mampu mensejajarkan diri dengan negara lain. 



"Selama 72 tahun, Muhammadyah, telah terbukti memberikan kontribusi besar pada pembangunan di berbagai bidang di Indonesia, khusus pada  bidang Pendidikan. Kita ketahui dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Universitas Muhammdiyah Palembang tentunya telah banyak alumni yang dihasilkan dan ikut ambil bagian dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Sumatera Selatan," jelasnya. 



Dalam kesempatan itu Mawardi juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Sumatara Selatan terus bertekad memberikan perhatian besar pada pembangunan pendidikan karena Pendidikan adalah kunci dalam pembangunan bangsa serta pertumbuhan ekonomi dan tranformasi sosial yang berujung pada kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat. 



"Hari ini saudara-saudara telah diwisuda, namun ini bukan berarti proses pembelajaran telah selesai, tetapi justru merupakan tahapan awal langkah saudara-saudara untuk membaktikan apa yang telah diperoleh untuk perjuangan dan pengabdian selanjutnya. Terus belajar dan bekali diri dengan meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di masa depan dan tentunya  untuk mendukung kemajuan pembangunan Sumsel," tambahnya. 



Sementara itu Rektor UTP Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M dalam sambutannya mengatakan Universitas Muhammadiyah berkomitmen mengembangkan program program strategis dalam rangka menjadi Universitas swasta terbaik di Indonesia. Untuk itu Universitas Muhammadiyah Palembang telah mencanangkan program program strategis pada tahun 2022-2033. 



Diantara program tersebut adalah pengembangan SDM dosen dan karyawan lebih cepat dan efektif.


Kedua pengembangan sistem tata kelola universitas yang terintegrasi.


Yang ketiga, Penguatan kelembagaan, khususnya akreditasi prodi dan institusi. Kemudian yang ke empat, peningkatan kinerja dosen di bidang komunikasi  serta kelima Peningkatan kerjasama utama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 



Adapun Wisuda Universitas Muhammadiyah Palembang pada periode Juni tahun 2022 ini diikuti oleh 1990 orang, yang tersebar pada 32 program studi, dengan rata rata IPK sebesar 3.52 dan lama studi rata rata 3,7 tahun untuk program sarjana dan 1,8 tahun untuk program magister. 



" Secara resmi status saudara yang diwiauda hari ini berubah dari mahasiswa menjadi alumni. Hubungan saudara dengan Universitas Muhammadiyah Palembang juga berubah jadi yang selama ini dilayani, kini menjadi bagian dari universitas Muhammadiyah Palembang Yang akan membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya. 



Pada kesempatan Abid berpesan kepada para alumni yang baru diwisuda bahwa almamater ini telah memberi berupa ilmu dan keterampilan tertentu, yang menjadi bekal dalam menempuh perjalanan. 


Menurutny bekal ini belum seberapa, melainkan baru dasar dasar yang masih harus dikembangkan dan harus diuji dalam masyarakat. 



Dalam mengahadapi tantangan yang jauh lebih kompleks, Ia juga menghimbau para alumni untuk mempersiapkan diri dengan ilmu dan keterampilan. 



"Akhirnya pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pengembangan kampus tercinta ini, terutama kepada seluruh pimpinan civitas akademika warga perserikatan Muhammadiyah, para peletak dasar Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Pemprov Sumatra Selatan yang sudah hadir bersama Bapak  Wakil Gubernur," tutupnya. 



Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad M.Sc. Ph.D, Wakil Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamjd, M.Ec, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel, Prof. Dr. Romli S.A, M.Ag, Ketua Badan Pelaksana Harian UMP, Dr. H.M. Idris, Para Wakil Rektor, Dekan dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.*

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.