Siapa Poling Tertinggi Pilkada Kota Prabumulih 2018 ?


PRABUMULIH, liputansumsel.com-Tak terasa Pemilukada Prabumulih akan kembali berlangsung. Dijadwalkan pada tahun 2018 nanti, Prabumulih akan kembali memilih pemimpinnya. Suhu Politik di Prabumulih, mau tidak mau akan meningkat.

Apa saja yang dilakukan oleh para calon Walikota dalam menghadapi pesta demokrasi itu. Hingga saat ini, sudah banyak calon Walikota yang mulai gencar mensosialisasikan keinginannya, walaupun masih malu-malu dan berkedok kegiatan kemasyarakatan. Memasang spanduk pun tak luput jadi salah satu ikon sosialisasi mereka. Dan gencar menghadiri undangan.

Para calon yang sudah mempersiapkan akan maju Pilkada Prabumulih 2018 yakni Petahana Ir H Ridho Yahya MM (Walikota Prabumulih), DR Drs H Rachman Djalili MM (mantan Walikota Prabumulih), Ir Hanan Zulkarnain (mantan Wakil Bupati Muara Enim), Adi Susanto (Anggota DPRD Prabumulih), Robby Kurniawan SSTp MSi (Plt Sekda PALI), Ahmad Palo (Ketua DPRD Prabumulih), H Adriansyah Fikri SH (Wakil Walikota Prabumulih), TR Hulu (mantan Anggota DPRD Prabumulih), dan H Rizal Kennedi (Anggota DPRD Provinsi Sumsel).

Hanan Zulkarnain pun tampaknya tak malu malu mengungkapkan keinginan dirinya akan bertarung lagi di Pemilukada Prabumulih 2018.

Mantan Wakil Bupati Muara Enim Ir H Hanan Zulkarnain, Minggu (18/9) mengatakan dirinya tidak menampik bakal maju kembali pada Pilkada Prabumulih 2018 nanti. “Bila masyarakat Kota Prabumulih menghendaki dan mendukung saya, maka saya selaku putra daerah siap maju calon walikota Prabumulih 2018,” tegas Hanan.

Bahkan, dirinya saat ini sudah melakukan survey untuk Pilkada nanti. “Persiapan harus matang, saya tidak ingin terulang kekalahan kembali. Bila survey saya tinggi, saya tidak akan mundur lagi mencalonkan diri sebagai Walikota Prabumulih,” jelas Hanan yang juga Dewan Penasihat Pemekaran Kabupaten Gelumbang ini.

Hanan mengakui, dirinya sudah melakukan komunikasi dan lobi politik kepada petinggi parpol.

“Ya, maju Pilkada itu harus banyak dukungan baik itu partai politik dan masyarakat,” ungkap Hanan.

Dikatakan Hanan, dirinya juga sudah ketemu dengan para tokoh-tokoh politik Kota Prabumulih. “Beberapa hari lalu, saya bincang-bincang dengan tokoh politik Prabumulih membahas mencari figur pemimpin Prabumulih kedepan,” imbuh Hanan. 

Lebih lanjut, ia mengharapan bila dirinya mencalon kembali pada Pilkada Prabumulih 2018 nanti agar masyarakat seluruh lapisan Prabumulih untuk dapat mendukung. “Tanpa dukungan masyarakat, tidak mungkin saya bisa sukses dalam Pilkada nanti,” tandas Hanan.

Di lain pihak, Mantan Walikota Prabumulih DR Drs H Rachman Djalili MM menuturkan keinginan ada untuk maju kembali mencalonkan diri sebagai walikota Prabumulih. “Kita lihat saja nanti maju apa tidaknya saya calon Walikota Prabumulih,” tegas Rachman.

Saat ini, diakui Rachman, dirinya masih fokus menjadi anggota DPRD Provinsi Sumsel. “Saya masih harus banyak berbuat lagi untuk masyarakat. Apalagi Prabumulih itu daerah pemilihan (Dapil) saya. Jadi saya harus banyak memperhatikan masyarakat Prabumulih,” pungkas politisi PDIP ini.

Rahman mengisyaratkan harus adanya dukungan partai dan juga dukungan masyarakat. "Saya siap kalau masyarakat menginginkan saya memimpin kembali. Disamping itu juga menunggu keputusan PDI-P," tegas Rahman.

Anggota DPRD Prabumulih Adi Susanto bahkan dengan jelas sudah menyatakan diri siap mencalonkan diri sebagai Walikota Prabumulih.

“Saya siap maju Walikota Prabumulih 2018,” ujar Adi.

Pendekatan dan komunikasi politik terhadap calon lain yang akan maju pun sudah dilakukannya.

Masyarakat Prabumulih sudah banyak memberikan dukungan terhadap dirinya agar maju menjadi Walikota Prabumulih mendatang. Ia bahkan sudah menggelar survey independen dan hasilnya membuat dirinya makin optimis maju Walikota Prabumulih. Ia pun sudah melakukan lobi-lobi poltik.

Adi menyatakan dirinya sudah banyak berbuat untuk masyarakat.

Sekretaris DPW PPP Sumsel Rizal Kenedi pun mengaku siap jika dicalonkan partainya maju dalam Pemilukada Prabumulih 2018.

“Saya taat akan keputusan partai. Bila partai meminta saya maju walikota Prabumulih saya siap,” tegasnya. Menurut Rizal, semakin banyak calon yang maju dalam Pemilukada Prabumulih semakin bagus. "Masyarakat semakin banyak pilihan," katanya.

Partai PKPI Prabumulih sudah mempersiapkan calon Walikotanya yaitu TR Hulu SH-mantan anggota DPRD Prabumulih. Menurut Hulu, penentuan dirinya sebagai calon yang diusung PKPI karena telah melalui proses pendataan elektabilitas dan kapabilitas tokoh masyarakat yang dilakukan tim investigasi internal PKPI.

"Keputusan ini telah mendapat persetujuan DPP PKPI Sumsel dan Pimpinan Pusat PKPI di Jakarta. Jadi saya siap maju Pilkada Prabumulih," ujarnya beberapa waktu lalu.

Petahana Walikota Prabumulih H Ridho Yahya pun membuat pernyataan mengejutkan jika dirinya tak didukung Partai Golkar dalam pemilukada Prabumulih mendatang, ia akan maju dari calon perseorangan.

Ridho mengungkapkan, dirinya mempersilakan jika ada calon lain yang bisa mengangkat citra Partai Golkar. Mengingat dalam pilkada bukan hanya partai yang jadi patokan, tapi dari calon itu sendiri. “Kalau ada yang lebih hebat dari saya ya silakan, tapi kalau masih di bawah kita, ya sayang saja. Sebab, membuat partai jadi wibawa itu bukan sembarangan. Kalau cuma maju-maju saja, semua juga bisa. Jadi saya masih menunggu keputusan partai Golkar saja untuk pencalonan diri,” tegas Ridho.

Nama Robby Kurniawan Plt Sekda PALI pun masuk menjadi Calon Walikota Prabumulih.

Sumber yang dekat dengan Plt Sekda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Robby Kurniawan yang enggan namanya ditulis dalam media mengatakan bahwa Robby Kurniawan berniat akan maju Pilkada Prabumulih. “Beliau (Robby Kurniawan, red) pernah bincang-bincang dengan saya. Ada keinginan maju Pilkada Prabumulih nanti,”  ujarnya.

Menurut sumber tadi, Robby Kurniawan sebetulnya orang Prabumulih.

“Pak Robby itu orang Prabumulih juga, keluarganya banyak di Prabumulih,” pungkasnya sambil mengatakan Robby Kurniawan orang dekat Gubernur Sumatera Selatan.

Robby menurutnya layak untuk memimpin Kota Prabumulih. Dengan pengalaman yang dimiliki Robby yang juga pernah menjadi Penjabat Bupati OKUS, menjadi salah jejak rekamnya.

"Pendekatan Pak Robby dengan calon Walikota yang akan maju dalam Pemilukada Prabumulih sudah dilakukan," terangnya. Namun sumber tersebut mengelak tak mau menyebut siapa yang sudah didekati Robby. "Tak etislah saya sebut nama," pungkasnya.(ls/kbrs)

No comments

Powered by Blogger.