30 Dokter Spesialis Periksa Kesehatan Bapaslon

Palembang,liputansumsel.com sebanyak 39  bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah yang maju di pilkada serentak 2018 di Sumsel hari ini diperiksa kesehatannya oleh 30 dokter spesialis di Rumah Sakit Muhamad Hoesin Palembang.


Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah yang juga Ketua IDI Sumsel, Rizal Sanif mengatakan, kemarin bapaslon menjalani pemeriksaan psikologi dan tes narkoba oleh pihak BNN.  Kemudian hari ini dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani masing-masing bapaslon.


“Ada 30 tim dokter spesialis yang dikerahkan untuk melakukan pemeriksa kesehatan calon kepala daerah,” kata Rizal Sanif dalam keterangan persnya bersama pihak RSMH Palembang dan KPU Sumsel, Kemarin.


Dokter Spesialis yang dikerjakan pihaknya, diantaranya dokter spesialis penyakit dalam, spesialis jantung, spesialis THT, mata, gigi, syaraf dan sebagainya. Dia menegaskan, hasil kesehatan yang dilakukan IDI, HIMPSI dan BNN nantinya akan dirapat plenokan. Dimana hasilnya akan diumumkan, apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.


“Untuk hasil pemeriksaan ini bersifat final dan mengikat. Tidak ada pembanding. Jika bapaslon keberatan bisa menemui langsung tim dokter,” jelàsnya.


Masih menurutnya. masing-masing bakal calon kepala daerah bisa saja tidak memenuhi syarat untuk maju, andai dari ketiga pemeriksaan yang dilakukan oleh HIMPSI, mengenai psikologi, IDI mengenai pemeriksaan kesehatan jasmani, dan BNN mengenai pemeriksaan narkoba dinyatakan tidak memenuhi syarat.


 “Mungkin dari ketiga pemeriksaan ini ada salah satu hasil pemeriksaan kesehatan itu dinyatakan tidak memenuhi syarat,” ujarnya.


Sementara, Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, andai terdapat bakal calon kepala daerah yang tidak memenuhi syarat hasil pleno pihak IDI, maka ada waktu yang cukup singkat bagi bapaslon untuk mengganti calon kepala daerah.


“Hasil pemeriksaan kesehatan ini bersifat final tidak ada pembanding. Jadi jika ada yang tidak memenuhi syarat akan ada waktu bagi pasangan calon untuk menggantinya,” jelas Aspahani.


Untuk diSumsel,  terdapat 39 bapaslon kepala daerah atau sebanyak 78 individu bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftarkan ke KPUD masing-masing dan hari ini semua Bapaslon melakukan tes kesehat


Sementara menurut pantauan hari ini untuk Bapaslon yang melakukan tes kesehatan jasmani di RSMH adalah Bapaslon Gubernur dan wakil Gubernur, sementara untuk Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati hanya Kabupaten Lahat dan Kabupaten Ogan Komering ilir.(rul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.