BUDAYA PALEMBANG MAGNET BAGI WISATAWAN

Palembang, Liputan Sumsel . Com  -Tradisi dan kearifan lokal yang dimiliki kota tertua di Indonesia mampu menjadi magnet untuk menarik banyak wisatawan asing berkunjung ke Kota Palembang. Kekayaan seni dan tradisi yang dimiliki Kota Palembang tak bisa dipungkiri menjadi daya tarik tersendiri untuk di gali kepermukaan.

Menurut, Pejabat sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib, wisatawan asing lebih tertarik untuk untuk dilihat ketimbang modernitas.“Kita harapkan peran generasi muda Palembang salah satunya Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD),untuk bisa bersama sama dengan dinas terkait untuk lebih menghidupkan kearifan lokal yang ada,” jelasnya, Senin (9/4/2018) saat menjamu Pengurus Pusat (AMKPD), di Rumah Dinas Walikota Palembang.

Bahkan menurutnya, beragam budaya yang di miliki Kota Palembang yang tersebar di setiap pelosok bisa membuat turis asing semakin banyak yang tertarik datang ke ibu kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini.

Di event olahraga akbar Asian Games, kata Najib AMKPD juga harus mempunyai peranan bagian terpenting untuk turut mensukseskannya.“Mari bersama-sama menyukseskan Asian Games 2018, dengan cara mengisi culture event pada perhelatan olahraga terbesar di Asia ini. Sebab bila kita bermaksud menjual potensi modern Palembang dan mal-malnya, di luar negeri sana ada lebih banyak mal yang lebih besar serta menarik dengan potensi modern yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah Asian Games, Akhmad Najib juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.Dia berharap, tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di sungai dan di sembarang tempat.

Menurut Pjs Walikota, menjaga kebersihan lingkungan merupakan wujud kearifan lokal Palembang yang harus dilestarikan.“Jangan lagi ada yang membuang sampah ke sungai dan di sembarang tempat. Buktikan kalau kita masyarakat Palembang cinta kebersihan, karena itu termasuk kearifan lokal yang dapat kita banggakan,” imbuhnya

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Pusat AMKPD dr Alfa Siti Azizah Gajahnata mengaku, pihaknya siap ikut menyukseskan Asian Games 2018.

etika itu mensupport program Visit Musi dengan menghadirkan buku adat istiadat Kota Palembang, nah Asian Games katanya adalah momen yang tepat untuk lebih memperkenalkan budaya dan adat istiadat Kota Palembang, salah satunya  busana tradisional Palembang.“Saat Asian Games kami ingin mulai dari petugas Bandara SMB II menggunakan pakaian adat Palembang lengkap dengan tanjak bagi pria dan gandik bagi wanita. Sehingga nuansa adat isitadat Palembang itu dapat menjadi daya tarik dunia. Akan lebih menarik bila para pendatang juga bersedia menggunakan tanjak atau gandik saat tiba di Palembang,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.