BEKARANG ADALAH TRADISI TAHUNAN BENI

Muba,liputansumsel.com--Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi di sela kesibukan nya meluangkan waktunya untuk  turun bekarang bersama masyarakat di Danau Siarak Desa Tanah Abang Kecamatan batang hari lekoh kabupaten musi banyuasin yang sudah mulai dangkal, Sabtu (11/08/2018).

kegiatan Bekarang merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan masyarakat Muba saat air sungai dalam keadaan surut menangkap ikan menggunakan tangan atau alat yang disebut tangkul.


sejak pagi, terlihat masyarakat berbondong-bondong berdatangan dan mempersiapkan tangkul sebagai alat untuk menangkap ikan yang terjebak ketika air surut.

suara begitu riuh ketika puluhan masyarakat berbagai golongan usia turun ke danau saling berlomba mencari ikan. Beni, juga tidak mau kalah dengan masyarakat lainnya untuk mendapatkan ikan bercebur ke danau itu.


"bekarang ini budaya khas yang membedakan dari daerah lain, sebuah tradisi menangkap ikan menggunakan tangan saat air dalam keadaan surut",tutur Beni pada saat berlomba mencari ikan. Beni, juga tidak mau kalah dengan masyarakat lainnya untuk mendapatkan ikan. Bahkan orang nomor dua di Bumi Serasan Sekate ikut Bercebur ke danau dengan masyarakat berlomba menangkap ikan.


"kegiatan bekarang ini budaya khas yang membedakan dari daerah lain, sebuah tradisi menangkap ikan menggunakan tangan saat air dalam keadaan surut",pungkas Beni pada saat bekarang bekarang.

lanjutnya tradisi masyarakat muba yang satu ini harus terus dilestarikan dan bukan tidak mungkin menjadi titik awal dalam peningkataan promosi potensi yang ada di kabupaten Musi Banyuasin. "banyak cara yang kita lakukan untuk memperkenalkan potensi Muba didaerah lain bahkan negara lain salah satunya dengan mempertahankan tradisi bekarang ini",Ungkapnya(agung)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.