Palembang Raih Rekor MURI dalam Ajang penyajian pempek Terbanyak

Palembang, Liputan Sumsel.com -Sebanyak 18.818 porsi pempek ikan ber Standar Nasional Indonesia (SNI) yang disajikan di Benteng Kuto Besak dalam menyambut  perhelatan olahraga akbar Asian Games, sore kemarin pada Rabu (8/8/2018)menjadi saksi yang bersejarah bagi masyarakat Kota Palembang.

Dalam penyajian pempek sebanyak 18.818 porsi tersebut sekaligus pemecahan rekor Museum Record Indonesia (MURI) pada tahun 2018 dalam ajang penyajian pempek ber SNI terbanyak.

Acara yang berlangsung di Benteng Kuto Besak tersebut  dihadiri oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya yang didampingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib, dan Deputi Bidang Informasi BSN Dr Zakiah.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, mengatakan,bahwa makanan olahan yang terbuat dari ikan ini atau yang dinamakan pempek sudah menjadi trending topik nasional.

“Paket pempek dengan mencapai 7 ton perhari keluar Palembang itu adalah hal yang sangat luar biasa. Saat ini top 5 kuliner Indonesia yang mendunia adalah rendang, soto, nasi goreng, gado-gado, dan tempe semoga pempek bisa jadi nomer 6 kuliner Indonesia yang mendunia,” ujarnya.

Arief Yahya menambahkan bahwa Palembang kini memiliki dua potensi yang dapat mendunia yaitu pempek dan songket.

Dirinya berharap, keduanya bisa menjadi potensi yang mampu mendorong Palembang makin dikenal dunia dan wisatawan dapat tertarik mengunjungi Bumi Sriwijaya ini.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan, penyelenggaraan rekor muri ini diharapkan mampu mendorong penyediaan pangan yang berkualitas.

Penyelenggaraan ini juga bertujuan untuk memotivasi pengusaha pempek untuk menyediakan pempek ber-SNI.

“Pemerintah Kota Palembang berharap Rekor Muri ini membuat orang-orang makin tertarik untuk berkunjung ke Kota Palembang. Melalui kegiatan ini kita harapkan pelaku ekonomi khususnya pempek mampu meningkatkan kualitas, khususnya pempek,” ujar Ahmad Najib.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pemecahan Rekor Muri ini juga identik dengan pelaksanaan Asian Games. Dirinya berharap, penyelenggaraan Asian Games di Palembang dapat berlangsung secara sukses dan lancar.(Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.