BPMD Oi Gelar Bursa Inovasi Desa

Indralaya.liputansumsel.com
Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD ) Kabupaten Ogan Ilir menggelar Bursa Inovasi Desa yang dibuka secara resmi oleh Bupati OI HM Ilyas Panji Alam MM, di Gedung Serbaguna Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab OI Tanjung Senai.

Bursa Inovasi Desa  yang dilaksanakan pada senin (10/09) dihadiri juga Sekda OI H Hermasn MM, Para asisten, Kapolres OI, Kajari, para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se - Kabupaten OI, Tenaga Ahli, serta Tim Fasilitator Kabupaten.

Bupati OI HM Ilyas Panji Alam mengatakan, inovasi merupakan sesuatu yang baru, bukan mengadopsi. Menurutnya, jika ingin berinovasi, harus tahu dahulu permasalahannya.


“Kemudian menentukan, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah itu,” ujarnya dihadapan para peserta kegiatan tersebut

Lebih lanjut llyas mengatakan "jika  inovasi yang diciptakan harus memberikan nilai kemanfaatan yang luas bagi masyarakat desa tersebut, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Desa yang bersangkutan,"ujar orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk.

Bupati juga menghimbau seluruh pemerintah Desa agar terus berinovasi sehingga dana desa  yang digelontorkan pemerintah pusat dapat dirasakan oleh seluruh lapisan  masyarakat hingga pelosok,"pungkasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Trisnopilhaq mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa.


“Dasar pelaksanaan kegiatan ini merupakan Surat Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, tanggal 12 September 2017,”katanya sembari berharap kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi pemerintah desa dan stakeholder yang terlibat dalam pembangunan di desa.(rul).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.