DODI MENJELASKAN NOTA RAPBD TA-2019


Muba,liputansumsel.com--Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (MuBA) memproyeksikan APBD Tahun 2019 sebesar Rp 2,56 triliun yang dialokasikan untuk belanja tidak langsung dan belanja langsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin pada Sidang Paripurna Masa Persidangan III Rapat ke-25, Dalam Rangka Penyampaian Penjelasan Nota Keuangan Rancangan APBD (R-APBD) Kabupaten Muba tahun anggaran 2019,senin(22/10/18).


Dodi menuturkan, Kebijakan pembangunan tahunan daerah yang dituangkan dalam Dokumen RKPD Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2019 difokuskan pada lima prioritas daerah sesuai arah kebijakan pembangunan Kabupaten Muba yaitu, peningkatan kualitas SDM, pengurangan kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah, peningkagan produktivitas sektor unggulan daerah, peningkatan kualitas lingkungan dan stabilitas keamanan dan pemantapan reformasi birokrasi.

Pada Raperda yang disampaikan oleh Dodi, disebutkan bahwa alokasi anggaran lebih besar untuk belanja langsung, dimana untuk belanja langsung sebesar Rp 1,339 triliun, sementara anggaran belanja tidak langsung sebesar Rp 1,045 miliar.


Dodi menjelaskan, RAPBD tahun 2019 lebih besar untuk anggaran belanja langsung,  dilakukan untuk melaksanakan program dan kegiatan di setiap OPD, menjalankan Program prioritas Pembangunan Daerah yang sejalan dengan Visi Muba Maju Berjaya 2022.

Dan untuk belanja tidak langsung dialokasikan anggaran untuk memenuhi kebutuhan belanja pegawai yang meliputi gaji Pegawai , Kepala Daerah serta penghasilan Anggota DPRD. Selain itu juga untuk belanja hibah, bantuan sosial, dan bantuan keuangan serta anggaran belanja tidak terduga.

Dan juga, Dodi menyerahkan ke DPRD Kab Muba untuk dibahas lebih lanjut terkait RAPBD 2019 itu.(agung).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.