Penuh Sesak,Cabang Rumah Tahanan Kota Pagaralam Tampung 136 Tahanan

Pagaralam,Liputansumsel.com -
Jumlah tahanan yang menghuni Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Pagaralam saat ini telah mencapai 136 orang tahanan, meskipun baru bisa dikatakan over kapasitas jika dihuni lebih dari 200 orang tahanan, namun cabang rutan Pagaralam hanya layak dihuni oleh 80 orang tahanan saja.

Hal tersebut disampaikan kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sumatera Selatan DR.H. Sudirman D. Hury, SH.,MM.,M.Sc melalui Kepala Cabang Rumah Tahanan (Karutan) Pagaralam Elheryanto, SH Rabu (14/11/2018).

Namun demikian menurutnya.  Meski dalam keadaan penuh sesak, hal tersebut tak membuat kondisi dan pelayanan rutan tak maksimal apalagi, hampir seluruh rutan saat ini memang juga mengalami kondisi yang sama. Intinya pembinaan harus tetap jalan dan maksimal serta melakukan pendekatan persuasif dan dari hati ke hati kepada warga binaan.

Ditambahkan Elheryanto, "Meskipun mengalami penurunan jumlah tahanan dari beberapa waktu sebelumnya, namun hal tersebut masih menjadi persoalan serius yang sesegera mungkin  diatasi, dari hasil Pemetaan terbaru kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, baru dikatakan over kapasitas jika dihuni oleh lebih 200 orang tahanan, bayangkan kapasitas kita saat ini hanya layak dihuni oleh 80 0rang saja, tentunya persoalan cabang rutan Pagaralam ini cukup kompleks, dimulai dari letak yang ditengah tengah pemukiman padat penduduk hingga kapasitas bangunan yang sudah tidak memungkinkan lagi,  sehingga satu satunya jalan adalah memindahkan lokasi rutan, dan lokasi tersebut sudah ada di kelurahan Besemah Serasan Pagaralam Selatan", Ungkapnya.

Masih menurutnya, " Untuk dapat pindah kelokasi baru tersebut kanwil kemenkumham Sumatera Selatan masih menunggu surat hibah lokasi dari pihak Pemerintah Kota Pagaralam, yang secara tehnis sudah ada kesepakatan keduabelah pihak, tinggal menunggu serah terimanya saja, untuk lebih jelasnya silahkan tanya ke Pemkot Pagaralam ",  pinta karutan.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala bagian aset pemerintah Kota Pagaralam Ade Kurniawan menjelaskan, bahwa secara tehnis sudah dicapai kesepakatan antara Pemerintah Kota Pagaralam dengan kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan terkait tatacara saling menghibahkan lokasi rutan dan lokasi eks rutan nantinya, " Secara tehnis sudah ada kesepakatan antara kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Pagaralam tentang tatacara saling memberi hibah untuk lokasi rutan pagaralam di Kelurahan Besemah Serasan dan lokasi rutan sekarang di Kelurahan Beringin Jaya dan sudah kami laporkan kepada Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, SH" ujar Ade.

Ditambahkan Ade, " Mengingat proses hibah eks rutan lama harus melibatkan pihak kemenkumham dan diperkirakan memakan waktu cukup lama, maka kita sepakati Pihak Pemerintah Kota Pagaralam akan memberikan hibah terlebih dahulu, berita acara serah terima hibah sudah kami siapkan tinggal berkooedinasi dengan pihak kanwil Kemenkumham Sumateta Selatan, kapan waktu yang tepat untuk penyerahan hibah tersebut", tandas Ade.

Seperti diketahui, cabang rutan Pagaralam saat ini yang berada di lokasi pemukiman padat penduduk ditinjau dari segi apapun sudah tidak layak, sedangkan cabang rutan yang pembangunannya mangkrak di Padang Karet kelurahan besemah Serasan masih terkendala lokasi yang belum dihibahkan Pemeribtah Kota Pagaralam.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.