Fisheries Festival Muara Enim Bertabur Hadiah


Muara Eninm --liputansumsel.com--Fisheries Festival Muaraenim Tahun 2019, serunya Muara enim fisheries berlangsung ramai, meriah dan sukses.

Ratusan peserta lokal maupun dari luar Kabupaten Muaraenim, bahkan Propinsi sangat antusias mengikuti lomba memancing yang diinisiasi Dinas Perikanan Kabupaten Muaraenim, di kolam retensi Taman Adipura Muaraenim, Minggu (24/2/2019).

Kegiatan Lomba Fisheries Festival Muara enim 2019, Bupati Muara enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim Hj Sumarni MSi, Kepala Dinas Perikanan Ir H Teguh Sumitro dan pejabat muspida dan muspika Kabupaten Muaraenim, dan ribuan masyarakat.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Muara enim melakukan peninjauan ke stand-stand yg mengikuti pameran, penaburan bibit ikan di kolam retensi, peninjauan lomba ikan hias Cupang, lomba memasak serba ikan, bazar dan membuka lomba mancing.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Muara enim, Ir H Teguh Sumitro, bahwa kegiatan Fisheries Festival ini, digelar beberapa kegiatan diantaranya lomba mancing, Lomba Contes ikan Hias Cupang, lomba masak serba ikan dan bazar.

Perlombaan memancing itu terbuka untuk umum dan akan diikuti sekitar lebih kurang 500 peserta mancing mania dari berbagai kota.

Dalam acara lomba mancing ini, para pemenang yang dinilai adalah kategori yang berhasil memancing ikan jenis Nila dan Mas yang tercepat dan terberat.

Teguh menyampaikan, lomba memancing ini, diikuti sekitar lebih kurang 500 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sumsel seperti Lahat, Prabumulih, Palembang, bahkan ada yang dari luar Propinsi yakni Bengkulu.

Sedangkan ikan yang disebar sebanyak 1,5 ton. Untuk pendaftarannya peserta hanya dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu, dimana para peserta akan mendapatkan satu T-Shirt dan makan siang.
Untuk pemenangnya pihaknya telah menyiapkan bermacam-macam hadiah seperti hadiah utama sepeda motor, Lemari Es, TV LED dan beragam doorprize hiburan.

Salain itu, lanjut Teguh, ada lomba kontes ikan hias jenis cupang dengan menghadirkan tim penilai dari Palembang.

Kemudian, ada juga lomba masak serba ikan yang akan diikuti oleh ibu-ibu PKK dari 20 kecamatan dan 14 tim dari GOW Muaraenim serta bazar yang terdiri dari berbagai instansi termasuk usaha mikro yang menjual beragam produk di bidang perikanan.

Sementara itu Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Colorfull Muara enim Festival 2019, yang tujuannya selain untuk mengenalkan, mempromosikan dan meningkatkan wisatawan ke Kabupaten Muara enim, juga untuk memacu dan menumbuhkan perekonomian masyarakat Kabupaten Muara enim, dalam rangka untuk mempersiapkan pasca tambang, karena Sumberdaya alam tambang semakin lama ditambang akan habis.

Untuk itu, perlu dipersiapkan jauh-jauh hari, jika SDA tambang habis masyarakat Muaraenim sudah siap menghadapinya.

Selain itu, lanjut Yani, kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemkab Muaraenim dalam rangka pemenuhan protein akan ikan.

Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara-cara yang kurang ramah dengan lingkungan seperti dengan setrum, racun putas, bahan bahan kimia, dan lain sebagainya, sebab bisa membunuh ikan dan makluk hidup lainnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.