Palembang Gelar Kejuaraan Triathlon 2019



Palembang, Liputan Sumsel.Com - Setelah Sukses dalam melaksanakan Asian Games 2018, kini  kota Palembang, Sumatra Selatan  kembali menggelar event berskala internasional yaitu Palembang Triathlon 2019.

Sebagai langkah dalam memantapkan  Pelaksanaan Palembang Triathlon 2019 fapat berjalan lancar dan sukses. Panitia Penyelenggara Kegiatan Pelaksanaan Palembang Triathlon 2019 gelar rapat koordinasi di Amaris Hotel, Jumat (1/2/2019).

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palembang, Sulaiman Amin menyampaikan, Rapat Koordinasi pelaksanaan Palembang Triathlon 2019 yang  dilaksanakan pada hari  Bert sebagai pemantapan persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi.

"Persiapan kegiatan ini kita buat semantap mungkin agar dapat terlaksana dengan baik, karena suksesnya kegiatan Palembang Triathlon 2019 ini, mencerminkan suksesnya Negara Republik Indonesia bukan hanya Kota Palembang saja. Oleh karena itu hari ini rapat panitia dilakukan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang," Ujar Sulaiman Amin.

KegiatanTriathlon ini memiliki beberapa cabang yang dikerjakan oleh satu kesatuan, mungkin secara tekhnis terdapat panitia inti dan tentunya pihak penyelenggara siap sambut event ini baik dari Pemkot Palembang maupun Pemprov Sumsel karena event ini sangat bergengsi.

"Harapan kita dengan adanya kegiatan ini akan dapat mempromosikan Kota Palembang agar lebih dikenal oleh negara luar.  Disamping kita telah melaksanakan Asian Games, kedepannya kita juga beharap  event-event seperti ini agar tetap ada dan dapat berjalan terus. sehingga walaupun kita sudah punya Jakabaring Sport Center yang telah ditetapkan sebagai sportourism kita juga punya destinasi wisata, dengan kegiatan ini juga masyarakat luar tahu bagaimana kuliner kita dan tempat wisata kita sehingga mengajak yang lainnya. Event seperti inilah akan menghidupkan perekonomian masyarakat Palembang," Ungkapnya.

Sementara Arlan Lukman selaku Komisaris PT. Rocca Palembang Triathlon 2019 menyebutkan saat ini pihaknya telah melakukan persiapan yang matang agar pelaksanaan  Palembang Triathlon dapat berjalan lancar.

"Kita sudah siapkan pemilihan tempat dimulai dari planning kegiatan serta audiensi dengan stakeholder, jadi kita tinggal menunggu pelaksanaan lagi," ujarnya.

Palembang Triathlon yang akan diadakan pada 10 Februari 2019 akan dilaksanam Jakabaring Sport City
menawarkan atraksi , aksesibilitas dan amenitas berskala internasional  diikuti sekitar 400 peserta nantinya.

"Kegiatan ini diikuti oleh negara- negara besar jadi kegiatan ini disebut Internasional, yang mendaftar sekitar 8 hingga 10 orang warga negara asing dari 8 negara, dan yang akan dilombakan adalah dari cabang olahraga renang, sepeda, dan lari. ada tiga macam," bebernya.

Target yang ingin dicapai pada kegiatan ini diterangkan oleh Arlan adalah setelah Asian games jangan sampai geliat yang tadinya membara malah menjadi padam karena tidak ada kegiatan diIndonesia -Jakabaring Palembang.

"Kenapa kita pilih Jakabaring karena pertama secara infrastruktur Jakabaring Palembang ini telah siap secara infrastuktur untuk lomba ataupun akomodasi dan buktinya siap untuk Asian Games,  kegiatan tidak ada maka nantinya tempat ini tidak dipelihara yang makin lama fasilitas ini akan rusak. Kedua kita lihat kedepannya yang namanya ekonomi kreatif didalamnya ada suksektor sportourism ini akan mengalahkan semua pendapatan asli daerah yang selama ini dikuasai migas dan kelapa sawit dan ini saatnya kita mulai berfikir sama - sama untuk menggalakkan Triathlon," jelas Arlan.

Menurutnya Kota Palembang ini memang sudah terkenal didunia, tetapi kota ini menjadi suatu kota yang layak untuk menjadi industri kreatif untuk industri olahraga dan itulah sebabnya sekarang yang ingin digalakkan adalah untuk menaikkan lagi pendapatan daerah.

"Jika tidak ada kegiatan maka para turis datang ke Palembang dengan tujuan apa, sehingga atas pemikiran inilah mulai saat ini kita harus menunjukkan sportourism ini," tegasnya.

Sementara Liza Sako sebagai Lokal Partner Palembang menuturkan bahwa tak hanya pihak Pemkot dan Pemprov yang harus bekerja keras agar kegiatan Triathlon 2019 berjalan dengan sukses melainkan masyarakat pula turut menjadi penentu keberhasilan.

"Peran masyarakat Kota Palembang sangatlah memberikan pengaruh, karena dengan sebuah kenyamanan yang diberikan masyarakatnya maka peserta Triathlon akan merasa nyaman berada di Palembang selama berlangsungnya event. Karena masyarakat Indonesia dikenal sebagai sosok masyarakat yang memiliki martabat dan humanis terhadap sesama maupun para turis," pungkasnya. (Ali).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.