Setgab LSM Sumsel Gelar Deklarasi Damai Tolak Hoax, Isu Sara Dan Hate Speech



Palembang, Liputan Sumsel.Com - Sekretariat Gabungan (Setgab) LSM Sumatera Selatan (Sumsel) gelar deklarasi damai dalam rangka menentang Berita Hoax, Isu Sara dan Hate Speech bertempat Bale Resto di Jalan. Gub. H.Bastari, Jakabaring Palembang, Minggu, (10/02/2019).

Deklarasi Damai ini adalah bentuk dari gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowidodo dan Ma'ruf Amin untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2019- 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Setgab LSM Sumsel yakni Hendri seusai acara digelar.

"Sebenarnya acara ini adalah Deklarasi Damai untuk mendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin, yang hadir cukup banyak hingga mencapai 600 orang yang terdiri dari 40 hingga 48 LSM," Ujar Hendri.

Ia mengatakan bahwa diantara daftar LSM yang hadir salah satunya adalah LSM Obsesi, LSM Gerakan Pemuda Dan Mahasiswa Untuk Indonesia dan Front Pemuda Merah Putih Sumsel, dan lainnya.

Dalam acara juga dibacakan dan ditanda tangani berkas Deklarasi Dukungan Jokowi- Ma'ruf Amin oleh  Hendri, bunyi dari Deklarasi itu adalah mencakup 3 point, yang dibawahnya tertera "Salam Satu Periode Lagi" yakni :

1. Kami, gabungan LSM Provinsi Sumatera Selatan mendukung Pileg dan Pilpres Tahun 2019 tanpa adanya Hoax, Isu Sara, dan Hate Speech.

2. Kami, gabungan LSM Provinsi Sumatera Selatan Mendukung Presiden Jokowi bekerja membangun Sumatera Selatan dan sukses memajukan Indonesia.

3. Kami, gabungan LSM Provinsi Sumatera Selatan mendukung Pemilu Tahun 2019 diProvinsi Sumatera Selatan yang damai, demokratis dan bermartabat.

Usai penanda tanganan Deklarasi Dukungan Jokowi- Amin, Hendri menuturkan bahwa pihaknya telah mengadakan konsolidasi demokrasi dengan memberikan penjelasan terhadap LSM yang tergabung didalamnya untuk melakukan ulang pendataan pengurus dan juga alat peragaan kampanye.

"Langkah memenangkan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin sudah kita lakukan, kita berharap hasil usaha ini akan maksimal sehingga kita dapat hantarkan pasangan ini unggul dibanding kompetitor nomor urut 2," Jelasnya.

Hendri membeberkan bahwa program unggulan yang telah diadakan oleh LSM adalah memberikan sosialisasi bedah figur Jokowi dan Ma'ruf Amin kepada masyarakat , atas dasar LSM mempunyai kepengurusan ditingkat kecamatan jadi diputuskan untuk mengundang mereka dan menjelaskan langsung.

Himbauan turut disampaikan oleh pihak Setgab LSM Sumsel ini kepada Kominfo, Dewan Pers Sumsel dan juga PWI agar dapat melakukan proses filterisasi kepada media diSumsel baik cetak maupun online.

"Kita memberikan himbauan ini kepada Kominfo, Dewan Pers Sumsel dan juga PWI agar baik media cetak ataupun online bisa menertibkan diri sehingga masyarakat akan paham tentang apa saja berita hoax dan tidak hoax yang pengaruhnya begitu buruk serta berdampak bahaya bagi masyarakat yang tidak faham dan mengerti fungsi pers dengan kekhawatiran akan menjadikan berita hoax sebagai referensi oknum tak bertanggung jawab," Ungkapnya.

Hendri sepakat bahwa memang himbauan ini perlu dilakukan secara continue agar pihak yang berwenang seperti Kominfo, Dewan Pers dan PWI dapat segera melakukan pendisiplinan media- media dan memberikan wawasan kepada masyarakat berkenaan dengan apa itu Berita Hoax, Isu Sara dan Hate Speech.(A2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.