SMK Negeri 7 Palembang Gelar Pameran Seni Rupa



Palembang, Liputan Sumsel.Com -SMK Negeri 7 Palembang menggelar Ekspo 2019 yang berlangsung mulai14-16 Februari 2019. Ekspo 2019 yang terselenggara ini menampilkan berbagai acara seperti pemaren ekspo,  pameran lukisan , lomba melukis,  pemaren songket, membatik, dan seminar seni.

Asisten 1 Pemprov Sumsel Ahmad Najib mengatakan, Ekspo ini sangat bagus untuk mengangkat  seni yang ada di Sumatera Selatan . Karena seniman dapat menampilkan karyanya dengan baik. Bahkan,  Presiden telah menyerukan agar memajukan pendidikan dan mengedepankan budaya.  "Kita berharap kemajuan seni ini turut meningkatkan pendapatan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo menambahkan,   di Sumsel sudah ada Perda mata pelajaran muatan lokal,  untuk sekolah mengajarkan kearifan lokal.  Sehingga di Sumsel ada sekolah seni seperti di SMK Negeri 7 Palembang ini.

"Tapi sayangnya,  saat ini belum ada panggung yang menungkinkan anak anak bisa tampil secara berkala. Mudah- mudahan setelah ini dikoordinasi dengan Dinas Pariwisata, agar setiap akhir pekan ada panggung. Selain itu,  seperti di hotel dan restoran anak-anak bisa tampil untuk mengasah seni mereka.

"SMK Negeri 7 Palembang ini adalah satu satunya sekolah seni di Sumsel.  Disini ada sekolah seni khusus,  yang menjaring anak anak bertalenta," bebernya. 

Kepala SMK Negeri 7 Palembang Suparman menambahkan,  Ekspo 2019 ini digelar pada 14-16 Februari. Tujuannya adalah  untuk meningkatkan kembali gairah seni.  "Apalagi kita lihat seni di Palembang ini lempem.  Kita adakan ekspo,  kami disuport alumni dan komite.  Tujuannya mengedukasi agar seni bisa hidup. Kita juga ingin menepis kalau masuk sekolah seni itu nantinya menganggur.  Itu salah,  karena banyak para seniman itu penghasilannya besar," ungkapnya.

"Acara Ekspo ini menampilkan pameran lukisan,  batik,  lomba melukis,  fashion show,  seminar seni dan lainnya.  Kita mengundang siswa SD dan SMP agar mereka teredukasi. Apalagi SMK N 7 satu satunya sekolah seni di Sumsel,  kita ingin siswa SD dan SMP yang punya bakat menyalurkannya disini," katanya.

Menurutnya,  Sumsel memiliki  daerah wisata tapi sayangnya tidak ditunjang oleh keseniannya. Sehingga kesenian di Sumsel stagnan.

"Seni ini tidak lenggang dimakan waktu dan zaman. Sehingga akan tetap tumbuh dan berkembang,  misalnya seni lukis,  desain. Melalui Ekspo 2019 ini kita ingin mengedukasi kepada masyarakat terutama siswa SD dan SMP agar mencintai seni," pungkasnya.  (Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.