Tidak Di Fungsikan, Kantor Desa Sukadamai Terbengkalai



OKI--liputansumsel.com--Kantor desa merupakan tempat di mana Kepala Desa dan Perangkatnya melayani masyarakat dalam berbagai urusan administrasi desa. Namun apa jadi nya bila kantor desa tidak di aktifkan  selama bertahun tahun pastinya kantor desa terbengkalai dan tak terawat.

Sama hal nya yang terjadi di Desa Sukadamai Kecamatan Pedamaran kabupaten OKI, menurut warga setempat kantor ini sudah lama tidak berfungsi.  untuk urusan melayani masyarakat dulunya langsung ke rumah Kades namun beberapa bulan terakhir ini dialihkan di gedung sekolah Pendidikan Alqur'an (TPA) dekat rumah Kades.

Kepala Desa Sukriadi yang saat ditemui wartawan Portal ini,  beberapa kali dikediamannya
untuk mengkonfirmasi mengenai kantor kades ,selalu tidak berada di tempat dan terkesan menghindar, hanya istrinya yang berada dirumah dan saat ditanyakan buku tamu istri kades menjawab tidak tau sama sekali.

Menurut salah satu warga berinisial YN(40) yang tidak mau di sebutkan identitas nya Jumat (8/2/2019) mengatakan" Kantor desa sudah lama terbengkalai seperti ini dan tak pernah ada pelayanan di kantor Kades tersebut"Terangnya.

Ditempat yang terpisah salah satu warga inisial CE(50) juga mengatakan"Kantor Desa dulu cukup nyaman namun karena tidak di aktifkan secara otomatis terbengkalai dan tak terawat di tumbuhi semak belukar yang hampir menutupi kantor tersebut, saya pribadi selaku warga asli sukadamai yang sudah puluhan tahun tinggal di sini sangat menyayangkan kantor ini tidak di aktifkan, karena bangunan di atas kantor tersebut tanah milik desa"ungkapnya.

Lanjut CE di tahun sebelumnya kantor desa sudah direhab dengan baik dan kades pun menyampaik akan mengaktifkan kantor desa namun kenyataan masih belum diaktifkan hingga sampai sekarang"terangnya.

Sementara itu sekretaris Desa Rusnadi membantah mengatakan"Kantor desa tidak di gunakan dikarenakan sering banjir dan pasang surut, dan pernah juga banyak berkas yang rusak, karena itulah kantor untuk sementara tidak di gunakan"Ungkapnya.

Sangat berbeda sekali dengan keluhan warga, tak hanya kantor kades saja yang tidak aktif, adalagi keluhan warga yang belum sempat dikonfirmasikan lebih lengkap berkenaan dengan pembenahan desa Suka Damai. (Povi,SH)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.