Pemda OKI dorong UMKM Berinovasi



# Dimotori oleh Balitbangda

OKI-- Liputansumsel.com- -Pada era modern sekarang ini, tidak sedikit pelaku usaha dalam berbagai skala dan jenis industri yang membutuhkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi baru untuk kelancaran operasional usahanya.

          Begitupun yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) OKI melalui BaLitBangda OKI, Kamis 21 Februari 2019 bertempat di Ruang Rapat Balitbangda Kabupaten OKI  dilangsungkan rapat  Jejaring Intermediator Teknologi (Intertek), guna mendorong UMKM untuk berinovasi

Acara ini diawali oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbangda Kabupaten Ogan Komering Ilir, H. Supnir SE, MM di awal sambutannya mengatakan"dalam Rapat ini diharapkan agar para pelaku usaha mengerti tentang intermediator teknologi (intertek), dan acara ini dihadiri oleh Balai Peneliti dari BaLitBangda Sumsel yang merupakan Nara sumber acara ini, serta dihadiri juga anggota Legislatif, Akademisi, Pelaku Usaha UMKM, dan OPD-OPD terkait, dan yang nantinya hasil Rapat akan menjadi Acuan Keputusan Bupati"Terangnya.

Lanjut di sambutan kedua yang disampaikan oleh Kepala BaLitBangda OKI Ir. Imlan Khoirum M.Si menjelaskan" Untuk mempercepat perkembangan daerah dengan menggali potensi potensi yang ada di daerah agar lebih maksimal tentunya dimulai dari menggali potensi sumber daya manusia dan potensi potensi sumber daya alam agar lebih memperoleh hasil yang optimal dan tentunya mengerti tentang Intertek"Jelasnya.

Lanjut Imlan"kita harus mendorong masyarakat UMKM mengunakan teknologi guna mengembang pertanian, perkebunan, perikanan, dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan perekonomian rakyat. Pembentukan Tim Jejaring Intermediator Teknologi Kabupaten OKI sebagai jembatan antara penghasil Teknologi dan Pengguna Teknologi, serta mencari dan menawarkan kebutuhan teknologi kepada pelaku industri daerah serta melayani konsultasi"Terang Imlan.

Berikutnya pemaparan materi yang disampaikan oleh nara sumber Balai penelitian BaLitBangda SumSel Desri Yesi, ST, M.Si menjelaskan melaksanakan intermediasi teknologi didaerah yang berbasis pada potensi daerah untuk penguatan sistem inovasi daerah (SIDa) merupakan tugas pokok intermediator yang funsinya mencari, menawarkan teknologi, konsultasi bisnis dan produk, membantu pemerintah daerah dan memperlancar komunikasi antara pemangku kepentingan didaerah untuk penguatan Sistem inovasi daerah (SIDa)" Terangnya.

Lanjut Desri" pembentukan Jejaring Intertek ini bertujuan mengoptimalkan pemberdayaan hasil penelitian dan pengembangan, sehingga hasil hasil penelitian yang dihasilkan oleh lembaga- lembaga Kelitbangan termasuk Perguruan Tinggi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara nyata dalam meningkatkan perekonomiannya"Terang Desri. (Povi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.