Walikota Targetkan Pagaralam Menjadi Lumbung Pertanian


Panen padi yang di pertontonkan pemerintah Pagaralam yang menargetkan Kota dingin ini menjadi daerah swasembada pangan sektor gabah dan beras

# Terutama Sektor Gabah dan Beras

Pagaralam,Liputansumsel.com - Kota Pagaralam memiliki potensi luar biasa dalam upaya menjadi salah satu daerah menopang swasembada pangan nasional terutama gabah dan beras.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera selatan menggelar Panen Padi Varietas Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian) dan Varietas Lokal Dataran Tinggi di Kelurahan Curup Jare Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagar Alam, Senin (25/2).

Kepala Balai Kajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera selatan, Ir Amirudin Pohan, melalui Sekretaris Susiati, S. IP Msi mengatakan, Program ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi padi, jagung, kedelai, daging sapi, tebu, cabai dan bawang merah sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada pangan.


"Program ini dilaksanakan serentak di beberapa provinsi, Kegiatan di daerah meliputi survey jaringan irigasi, pendampingan petani sejak mulai tanam sampai panen," ungkap dia.



Lebih lanjut Susiati menambahkan Pendampingan dalam bentuk demplot uji varietas seluas 5 (lima) hektar dilaksanakan dengan menggunakan varietas Inpari 28, varietas Sarinah (lokal Kerinci Jambi), dan 3(tiga) varietas lokal dataran tinggi Pagar Alam (Ayek Keruh, Setangkai dan Barokah) dengan teknologi pemupukan berdasarkan hasil uji Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS).


"Sebagai informasi ke-3 varietas lokal Pagar alam ini sudah diinventarisasi dan sudah didaftarkan ke Pusat Perlindungan varietas untuk memperoleh Tanda Daftar Vaietas Lokal," tambahnya.


Sementara Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni SH mengatakan, Melalui kemauan yang tinggi dan kedepan diharapkan dapat meningkatkan hasil.

"Harapan dengan varieties yang baru hasil panen akan meningkat, Bantuan yang di berikan melalui kelompok tani dapat di manfaatkan sebaik baiknya," Pungkas dia.

Kemudian Hendaknya pada varietas padi lokal ini dapat membuktikan bahwa kota pagaralam memang daerah yang sangat subur, sehingga sangatlah wajar bila pemerintah provinsi sumatra selatan memfokuskan kegiatan bidang pertanianya di lahan kota pagaralam " tambah alpian.(Rc/Ca)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.