Adanya Laporan 3 Warga Digigit Anjing Dinas Terkait Turun Gunung


Pagaralam,Liputansumsel.com - Adanya sejumlah warga Kota Pagaralam yang digigit anjing bebetapa hati lalu, hal ini menjadi perhatian Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH. Mendengar adanya laporan tiga warga sudah dirawat karena digigit anjing yang diduga anjing gila Wako (Walikota) langsung memerintahkan dinas terkait lalukan pencegahan penyeberan virus Rabies.


Bahkan Walikota meminta Dinas Pertanian dan Perternakan melakukan penyutikan semua anjing peliharaan yang ada di Pagaralam. Tidak hanya itu, Wako juga meminta dinas terkait segera menangkapi anjing liar yang berkeliaran.


"Kami mendapat laporan ada warga yang digigit anjing beberapa waktu lalu. Parahnya sudah ada tiga yang terpaksa dirawat dan harus mendapat suntikan anti rabies," ujarnya.


Melihat hal ini Wako meminta dinas perternakan melakukan jemput bola kepada pemilik peliharaan anjing untuk dilakukan penyuntikan anti rabies.


"Saya sudah memerintahkan dinas pertanian dan perternakan untuk mendata warga yang memelihara anjing. Saya juga meminta dinas untuk melakukan penyuntikan anti rabies kepada anjing yang belum disuntik," katanya.


Sementara itu, PLT Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan, Gunsono mengatakan, pihaknya memang sudah memberikan himbauan kepada seluruh warga yang memelihara anjing untuk melakukan penyuntikan anti rabies.


"Selian meminta untuk anjingnya disuntik kita juga menghimbau para pemilik anjing untuk tidak meliarkan anjing peliharaan mereka. Karena meskipun sudah disuntik ditakutkan akan mengigit warga," ujarnya.


Pihaknya bahkan sudah melakuka  giat jemput bola dengan mendatangi pemelihara anjing dan melakukan penyuntikan anti rabies kepada anjing yang ada," katanya.


Terkait banyaknya anjing yang berkeliaran pihaknya akan melakukan penangkapan anjing liar yang tidak ada pemilik untuk dikurung dan disuntik. Hal ini agar tidak menjadi penyebar virus rabies.

Hal yang Senada oleh Dinas Kesehatan Melalui Hal ini diungkapkan Kabid Pencegahan Penyakit menular Dinkes Kota Pagaralam Subur Wicaksono.

" Kita juga sudah mendengar dan mendapat laporan mengenai adanya warga yang terkena gigitan anjing yang diduga anjing gila,kami sudah menyiapkan vaksin rabies secara gratis untuk warga yang terkena serangan gigitan."tegas Subur (Rico)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.