Dukung Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia, OKI Optimalisasi 72 Ribu Hektar Lahan Rawa


Kayuagung—Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendukung  Kementerian Pertanian yang tengah mempersiapkan program untuk mencapai ketahanan pangan dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Salah satunya adalah melalui optimalisasi lahan rawa yang cukup luas di Kabupaten ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura  Kabupaten OKI, Syarifuddin, SP, M. Si mengatakan, target pemanfaatan lahan rawa melalui kegiatan optimalisasi lahan rawa dan rawa pasang surut di Kabupaten OKI pada tahun 2019 mencapai 72 ribu hektare yang tersebar di 18 Kecamatan.

"Kita mendapat jatah 72 ribu hektar optimalisasi lahan pada tahun ini. Bukan hanya cetak sawah saja, juga menambah luas lahan tanaman, meningkatkan indeks pertanaman, menambah luas lahan baku," katanya, saat mendampingi Kunjungan Bupati OKI di Kecamatan Tanjung Lubuk, Jum’at, (29/3).

Dipaparkan Sarifudin, untuk mendukung optimalisasi ini, pemerintah akan membantu petani mulai dari penataan lahan serta bantuan alsintan. Alsintan ini tambahnya yang nantinya akan digunakan para petani untuk menggenjot jumlah produksi.

"Jadi, nantinya, lahan yang produksinya 0 kita jadikan 3 kali lipat dan ini harus kita mulai dari sekarang," kata Syarifudin.

Pemberian bantuan tambahnya merupakan bagian dari program SERASI yang dirancang pemerintah untuk menambah jumlah produksi dengan memanfaatkan lahan-lahan yang masih tidur atau tidak produktif.

Bupati OKI, H. Iskandar, SE mengaku optimistis dengan program ini soalnya dari 72 ribu optimalisasi lahan yang ditargetkan sudah siap sekitar 50 ribu hektare diantaranya sebanyak 4400 ha di Kecamatan Tanjung Lubuk.

"Soal produksi memang harus jadi prioritas bersama, dan ini sejalan dengan program pemerintah daerah. Ini semua adalah upaya kita menuju Indonesia sebagai lumbung pangan dunia," ujar Iskandar saat berkunjung ke Kecamatan Tanjung Lubuk, Jum’at lalu.

Iskandar juga memastikan semua mesin dan alat yang digunakan terbukti mampu berjalan dengan baik. Para petani pun juga menyambut baik bantuan yang diberikan pemerintah ini.

“Kita optimalkan produksi lahan dari satu kali menjadi dua kali bahkan tiga kali panen dalam setahun. Ini bukan suatu yang mustahil jika kita kerja bersama” Tutup Iskandar. (Povi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.