KPPS dan PPS Muara Enim Ikuti Bimtek



Muara Enim, Liputansumsel.com--Untuk mengsukseskan jelang Pemilu Pileg dan Pilpres 17 April 2019 yang tidak lama lagi ini,Lurah Pasar 1 Muara Enim memfasilitasi di ruang kantor Kelurahan Pasar 1 dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan panitia pemungutan suara (PPS) yang berjumlah 105 orang dari 15 TPS, dimulai pukul 19:30-22:30 Wib, Jumat (12/4/2019).

Heru Mawanto, SH (Ketua PPS Kel.Pasar 1) mengatakan saat di wawancari, tujuan dari bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman sedetail mungkin tentang tugas KPPS dalam pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Lanjutnya, Untuk memberikan pemahaman teknis. Peserta Bimtek juga diminta untuk mensimulasikan seluruh tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Baik itu mulai dari pra pemungutan suara dengan mengumumkan waktu dan tempat pemungutan, mendistribusikan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih (formulir model C6) dan pembuatan tempat pemungutan suara (TPS).

Selanjutnya, tahapan pemungutan suara, mulai dari memastikan kelengkapan TPS, pembukaan pemungutan suara, pembacaan sumpah, membuka kotak suara dan mengeluarkan isinya, menjelaskan tata cara pemberian suara,pemungutan dan perhitungan suara.

"Jadi nanti petugas KPPS dan PPS sudah tidak bingung lagi langka-langka apa yang harus mereka lakukan disaat pemilu berlangsung dengan diberikan bimtek ini,"tuturnya.

No comments

Powered by Blogger.