Melalui Peningkatan Akreditasi Dapat Meningkatkan Kualitas Bagi Sebuah Perguruan Tinggi


Palembang, Liputan Sumsel.Com -Dalam rangka meningkatkan kualitas sebuah perguruan tinggi , Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) Wilayah II, gelar penigkatan kompetisi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (10/4/2019)

Kepala L2 Dikti Wilayah II, Prof. Dr. Slamet Widodo MS, MM. mengatakan
Melalui kegiatan ini pihaknya mengharapkan  agar Perguruan Tinggi Swasta dapat meningkatkan akreditasinya guna  meningkatkan kualitas sebuah perguruan tinggi sehingga dapat menghasilkan  alumni-alumni yang berkualitas yang mampu berkompetisi dan mandiri dalam menghadapi era IT point zero.

"Yang hadir disini ada sekitar 700 dosen dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Negeri Swasta (PNS) yang mengikuti penigkatan kompetisi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilingkungan  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) wilayah II tahun 2019 " ujarnya.

Slamet Widodo menyampaikan bahwa kegiatan yang terlaksana ini rutin dilaksanakan. Antara lain untuk  peningkatan akreditasi, status serta  menghimbau Perguruan Tinggi Swasta agar dapat meningkatkan sarana dan prasarana.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, capaian kinerja kita nomor satu di Indonesia. Tugas kita pengawasan, pengendalian dan pembinaan PTS dan PTN," urainya.

Slamet menjelaskan, tantangan peningkatan pendidikan saat ini adalah persaingan dan ada kejenuhan. "Kami mengutamakan kualitas, dengan melihat  akreditasi Prodi di PTS.  Pada tahun 2019 ini tidak boleh akreditasi C. Karena itu nantinya berdampak pada prodi itu sepi peminatnya,"terangnya.

"Tahun ini sudah banyak yang naik akreditasi prodi di PTS dari C ke B. Bahkan banyak juga yang naik dari B ke A, itu yang paling banyak di PTS di Lampung. Kalau akreditasinya sudah A, maka semakin banyak diminati," urainya.

"Kendala untuk menaikkan akreditasi adalah  sarana dan prasarana, SDM. Kunci utamanya adalah kualitas SDM serta komitmen yang tinggi. Karena yang dilihat calon mahasiswa adalah akreditasi. Kalau akreditasinya baik pasti banyak peminatnya," pungkasnya. (A2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.