Soft Launching Transportasi Sungai dan Terminal Batu Bara Muara Lawai




Muara Enim,LiputanSumsel.com--Peluncuran awal ( Soft launching ) transportasi sungai dan terminal batu bara telah dilakukan di Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat,Kamis (11/4/19). Peluncuran awal ini dilakukan langsung oleh Gubenur Sumsel H. Herman Deru dan disaksikan oleh Bupati Lahat Cik Ujang S.H dan Bupati Muara Enim Ir.H Ahmad Yani,MM serta Direktur Utama PT. Baguskuning Bima Persada H.Burhanudin.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyampaikan sambutannya dalam acara soft launching transportasi sungai dan terminal batu bara ini membuktikan dengan adanya aktivitas pengangkutan batu bara melalui sungai. Ia menyebut  ini adalah pelayaran Perdana di mana dalam pelayaran perdana ini tentu masih banyak yang harus dilengkapi terutama masalah ketenagakerjaan.

“Itu penting akan kita ambil tenaga kerja lokal, kemudian dinamisnya kondisi alam cuaca dan lain sebagainya ini tentu membuat kita harus perhatian terhadap lingkungan hidup, ini penting baik bagi kita juga,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang S.H mengatakan dalam sambutannya Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim bekerja sama untuk mensejahterahkan masyarakat dan menjadikan pembangunannya terlaksana dengan lancar.

“Dengan adanya jalur sungai ini, jalur darat yang selama ini digunakan resmi ditutup, dengan begitu waktu tempuh yang digunakan untuk bongkar dan muat ke tongkang menjadi lebih singkat dan ini tentunya sudah melalui perhitungan yang matang dan teliti,”imbuhnya.

Sementara itu, Direktur PT. Baguskuning Bima Persada H.Burhanudin mengatakan jalur pengangkutan batu bara ini akan melalui sungai Lematang. Sebelumnya di daerah Sekayu. Dari tahun 2014 lalu sudah di survey dan saat ini sudah mulai di rencanakan pembangunannya.

“Jika tidak ada halangan beberapa bulan kedepan akan dilaksanakan MoU dengan Pihak-pihak yang terkait,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya meminta dukungan kepada Pemprov Sumsel, Pemkab Lahat, Pemkab Muara Enim dan Pemkab Pali guna memberikan ijin agar terlaksana pembangunan terminal Batu Bara melalui sungai ini,"tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.