LAPAS KELAS IIB LASKANAKAN UPACARA KEBANGKITAN NASIONAL YANG K-111 TH 2019



MUBA-liputansumsel,Humas_Lapas sekayu-Memasuki hari ke 15 puasa pada bulan ramadhan ini, Lapas Klas II.B Sekayu melaksanakan upacara bendera dihalaman dalam Lapas Sekayu dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional yang ke 111 tahun 2019 dengan tema “BANGKIT untuk BERSATU”, Senin (20/05/2019).

Kalapas Sekayu Ronaldo DaVinci Talesa,  Amd. IP,  SH. Selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI antara lain mengatakan” dalam naskah sumpah palapa yang ditemukan pada kitab pararaton tertulis: sira gajah mada patih amang kubhumi tan ayun amuktia palapa,sira gajah mada” lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa,lamun kalah ring gurun,ring seran,tanjung pura,ring haru,ring pahang,dompo,ring bali,palembang,tumasik,samana isun amukti palapa”.

Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut,terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa” namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti,umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang maha patih gajah mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan nusantara.

Sumpah palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan indonesia. Wilayah nusantara yang disatukan oleh gajah mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam negara kesatuan republik indonesia saat ini.

Diakhir amanatnya Ronaldo menambahkan” bahwa peringatan 111 tahun kebangkitan nasional 2019 adalah untuk terus memelihara,membuktikan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan. (Agung/rill).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.