MUBA Raih Award Goverment Sindo Weekly 2019 kategori Inovasi Infrastruktur



Jakarta,lipitansumsel.com--Event tahunan yang dimotori Majalah SINDO Weekly ( MNC Group) tahun ini memberikan penghargaan kepada 29 kepala daerah yang dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pembangunan di daerah masing-masing. Malam Apresiasi Goverment Award 2019 malan ini Selasa (30/4/2019) di Hotel Borobudur Jakarta.

Pelaksanaan Government Award tahun ini merupakan yang ke-6 sejak dilaksanakan tahun 2014. Adapun motivasi pemberian penghargaan didasarkan atas prestasi yang telah ditorehkan pemerintah daerah, termasuk oleh kepala daerahnya.

Dalam hal Ini Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Dodi Reza Alex Noerdin mendapat award Kabupaten Musi Banyuasin (Inovasi Infrastruktur) dalam  Penerapan aspal karet. Kabupaten Musi Banyuasin Merupakan kabupaten pelopor penerapan aspal karet di Indonesia.

 Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex diwakili  Plt. Kepala Dinas Kominfo Muba, Dicki Meriando SSTP MH, bersama  Kabag Humas Pemkab Muba Herryandi Sinulingga,AP
menerima langsung penghargaan. Penghargaan  diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo.

Dicki mengatakan atas nama Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Pemerintah Daerah  Kabupaten Musi Banyuasin  mengucapkan terima kasih atas award yang diberikan Sindo Weekly.  kepada Muba Berkat kerja sama positive dan  berkolaborasi yang baik semua pihak membuat  Musi Banyuasin dikenal di level Nasional.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menyebut penghargaan dari Sindo Weekly sebagai keberhasilan seluruh ASN di Pemkab Musi Banyuasin yang terus bersinergi dalam kerja sama tim untuk memwujudkan Muba Maju Berjaya 2022. "Kami bangga karena kerja keras selama ini kita diberikan penghargaan oleh para pihak dan ada yang mengapresiasi. Penghargaan ini akan menjadi motivasi terus bekerja keras dan terus melakukan inovasi disegala bidang,"ujarnya.

Bagi Dodi Reza Alex, award yang diberikan Sindo Weekly atau media lainya menjadi k banggakan dan pemicu kinerja. "Pemberitaan positif dari media  merupakan pengakuan dan penghargaan publik atas apa yang telah kita kerjakan.  Program pemerintahan yang baik dan  inovasi di berbagai bidang memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat  di Kabupaten Musi Banyuasin.

Dodi Reza juga berharap kemitraan dan kerja sama  dengan media seperti MNC Group terkhusus Sindo Weekly dapat  terjalin lebih erat lagi dan terus melakukan penilain terhadap daerah daerah yang berinovasi sehingga menjadi motivasi kepala daerah di negeri ini untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat menuju Indonesia Maju Rakyat Sejahtera," ujar dodi saat diwawancarai media Ini.


Sementara itu Nevi Hetharia sebagai Pemimpin Redaksi SindoWeekly mengungkapkan MNC Group dalam hal ini Majalah SINDO Weekly selalu mengapresiasi para pimpinan daerah  lewat event Government Award. Menurutnya sejak berlakunya Undang-undang No. 23/2014, pemerintahan daerah diberi wewenang untuk menyelenggarakan sebagian besar urusan pemerintahan yang sebelumnya menjadi wewenang pemerintah pusat.

Dalam tataran praktis, pemberian wewenang itu juga diikuti dengan pemberian hak untuk melakukan inovasi agar penyelenggaraan urusan pemerintahan itu dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi lapangan dan sesuai pula dengan kearifan lokal.

Nevi menambahkan Pemerintah Pusat  secara tegas memberikan dorongan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan inovasi itu. Bahkan, melalui penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 38 Tahun 2017, dinyatakan bahwa pemerintah daerah harus melakukan aneka inovasi untuk menyelenggarakan urusan pemerintah di daerah.
Inovasi itu diperlukan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, baik dalam peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah.
Dengan adanya PP tersebut, peluang daerah untuk melakukan inovasi semakin luas lagi. Pemerintah pusat hanya memberikan batasan bahwa inovasi yang dilakukan oleh daerah haruslah mengandung pembaharuan dan perbaikan, memberi manfaat bagi daerah dan atau masyarakat, tidak mengakibatkan pembebanan dan/atau pembatasan pada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Selanjutnya Pemerintah Pusat juga memberikan peluang kepada daerah untuk melakukan replikasi atas inovasi yang dilakukan oleh daerah lain. PP ini secara tegas melarang daerah yang sukses melakukan inovasi untuk mengkomersialkan hak paten atas temuannya. Satu dan lain hal agar daerah lain yang ingin melakukan replikasi dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya.

“Anugerah ini diberikan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Tim MNC Group bersama Redaksi Sindo Weekly bekerja sama dengan sejumlah akademisi dengan memperhatikan keaslian ide, kelembagaan yang menangani inovasi, perangkat aturan yang digunakan untuk menjamin agar inovasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Yang tak kalah penting, inovasi itu harus mendatangkan keunggulan daya saing daerah dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat,”

Lanjutnya, setelah melakukan pengkajian, pada tahun ini memberikan anugerah Government Award kepada pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta tokoh-tokoh yang berperan besar dalam mendorong lahirnya inovasi di daerahnya.

Adapun 31 penghargaan Government Award yang diberikan Majalah SINDO Weekly dan masing-masing kategorinya, yakni:
1. Kota Ambon (Kota Toleransi)
2. Kota Payakumbuh (Kota Sehat)
3. Kota Jayapura (Pendidikan)
4. Kota Depok (Infrastruktur Layanan Publik)
5. Kota Malang (Inovasi Birokrasi)
6. Kota Pangkalpinang (Pariwisata)
7. Kabupaten Tapin (Pertumbuhan Ekonomi)
8. Kabupaten Sumbawa Barat (Pengentasan Kemiskinan)
9. Kabupaten Puncak (Papua Infrastuktur)
10. Kabupaten Luwu Timur (Infrastruktur)
11. Kabupaten Bulukumba (Pariwisata)
12. Kabupaten Musi Banyuasin (Inovasi Infrastruktur)
13. Kabupaten Jayapura (Penanganan Bencana)
14. Kabupaten Tuban (Ketahanan Pangan)
15. Kabupaten Pasuruan (Layanan Publik)
16. Kabupaten Serang (Pendidikan)
17. Kabupaten Tangerang (Kesehatan)
18. Provinsi Sulawesi Utara (Jaminan Sosial)
19. Provinsi DKI Jakarta (Transportasi Publik)
20. Provinsi NTT (Pengembangan Peternakan)
21. Provinsi Jawa Barat (Investasi)
22. Provinsi Jawa Timur (Manajemen Ketenagakerjaan)
23. Wali Kota Ambon (Indonesian Creative Leader)
24. Wali Kota Balikpapan (Indonesian Creative Leader)
25. Wali Kota Manado (Indonesian Creative Leader)
26. Wali Kota Bontang (Inspiring Woman Leader)
27. Kota Medan (Indonesian Creative Leader)
28. Bupati Tapanuli Utara (Indonesian Creative Leader)
29. Bupati Buru Selatan (Indonesian Innovative Leader)
30. Gubernur Jawa Tengah (Indonesian Innovative Leader)
31. Gubernur Jawa Barat (Indonesian Innovative Leader).(agung/rill).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.