Pemkab Muara Enim Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2019



Muara Enim,Liputansumsel.com--Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengadakan upacara memperingati hari lahir pancasila yang berlangsung lancar dan hikmat di halaman kantor Pemkab Muara Enim mulai pukul 07:30 WIB, Sabtu (1/6/2019).

Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani MM selaku Pembina Upacara menyampaikan pidatonya bahwa dalam memperingati hari lahir pancasila ini. Dalam Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi  Pancasila (BPIP) yang dibacakan Bupati bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan. ” Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UU 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

"Jadi, 3 peristiwa penting tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan,” papar Bupati.

Dijelaskan juga, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para Pendiri Bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara senpurna berhasip merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Selanjutnya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi grografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dirinya menjelaskan, dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran pancasila sudah tidak diperlulan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.

“Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisiasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, adil dan damai dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tandas Bupati Muara Enim.

Peserta yang hadir dari Sekda Muara Enim,pejabat dan kepala dinas di lingkungan Pemkab Muara Enim beserta stafnya,Kepala Pol PP dan anggotanya,Kapolres Muara Enim serta anggotanya, Dandim 0404 Muara Enim beserta anggotanya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.