Wabup Muara Enim Beserta Istri Menghadiri Pembukaan FS XXVIII Di BKB



Muara Enim, Liputansumsel.com--Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi istri sekaligus sebagai Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dra Hj Nurhilyah Juarsah menghadiri  Pembukaan Festival Sriwijaya XXVIII Tahun 2019 di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Minggu (16/6/2019) malam.

Acara yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan,  H Herman Deru, dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani, Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Ketua Arsip Nasional, Bupati /Wakil Bupati,  Walikota/Wakil Walikota Se-Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan Palembang adalah kota tertua di Indonesia dimana saat ini masih tersisa peninggalan kerajaan Sriwijaya.

“Selain prasati juga ada pulau dan parit  buatan peninggalan masa lampau di situs Karang Anyar. Situs ini sekarang dikenal sebagai Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya,” katanya.

Lanjutnya,  dari semua peninggalan itu ada 3 hal besar yang membuktikan bahwa Kerajaan Sriwijaya sangat mempengaruhi peradaban saat ini pertama Sriwijaya berjasa dalam mendukung persatuan dan kesatuan  bangsa.

“Kemudian kapal-kapal Sriwijaya yang berlayar ke berbagai wilayah ikut mempengaruhi hadirnya bahasa melayu yang sekarang dinikamti sebagai bahasa Indonesia. Ketiga Sriwijaya ikut menumbuhkan  gagasan pendidikan dan memberikan contoh toleransi dan kehidupan multi kultur,” pungkasnya.
loading...

Post a Comment

0 Comments