Warga Kompak Perbaiki Irigasi Walau Belum Maksimal


Pagaralam,Liputansumsel.com - Akibat derasnya arus aliran air dan di tambah konstruksi saluran air yang tidak begitu kuat mengakibatkan siring saluran irigasi di kawasan Dusun Cawang Baru Kecamatan Dempo Utara ambrok.

Ambroknya dinding siring ini mengakibatkan pengairan di areal tersebut terutama lahan persawahan menjadi terkendala.

Untuk mengatasi masalah ini,warga setempat secara mandiri dan bergotong royong memperbaiki siring tersebut walaupun masih darurat.

Vike Itteridi Alwi warga setempat kepada awak media mengungkapkan akibat kejadian ini sebanyak 70 bidang (hektare) sawah garapan warga menjadi tidak bisa di olah.Selain itu akibat kejadian ini juga kolam ikan dan tempat pemandian umum warga menjadi terganggu.

"70 bidang saya warga kami jadi tak bisa di olah karena siring patah,kolam ikan juga jadi terganggu kondisnya juga air siring ini juga di manfaatkan untuk pemandian warga sehingga otomatis ikut terganggu,"keluhnya via telepon kepada awak media (22/06)

Lebih dalam Vike menjelaskan,pihaknya sudah berulang kali memintah bantuan kepada pemerintah daerah untuk mengatasi persoalan ini namun hingga kini belum ada respon.

"Sudah pernah melapor ke pihak terkait mengenai persoalan ini karena kejadian ambrolnya siring di dusun kami ini sudah berulang kali,namun kami harus kecewa karena belum ada realisasinya bahkan usulan kami sudah kami masukkan ke pemerintah tapi lagi-lagi tidak di respon bahkan setelah kami telusuri ke pihak dinas PU Pengairan tahun ini pun perbaikan siring itu ternyata juga belum di anggarkan,"tutupnya (22/06)

Warga berharap pemerintah bergerak cepat mengatasi persoalan ini karena hal ini menyangkut hajat hidup banyak warga kota Pagaralam.(Ric)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.