Mahasiswa Minta Transparan Pengelolaan Program Transmigrasi


PALI.liputan Sumsel - Com Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HIMAPALI melakukan aksi damai dibeberapa titik yang dimulai dari simpang 5 Kecamatan Talang Ubi, dilanjutkan diKantor DPRD dan terakhir dihalaman Kantor Bupati Penukal Abab Lematang Ilir pada Selasa,(16/07/2019).

Sekilas disampaikan oleh rombongan Mahasiswa Himapali  aksi dalam orasinya secara bergantian bahwa beberapa mahasiswa ini meminta kepada pemerintah daerah PALI agar mengkaji ulang dan melakukan evaluasi terhadap rencana pemerintah yang akan mengagas adanya transmigrasi yang berada diwilayah Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu rencana ini sudah terhembus kabarnya disejumlah media.

Adanya program tersebut membuat HIMAPALI masih mengkhawatirkan adanya program Transmigrasi tersebut, jangan sampai menimbulkan konplik sosial dimasyarakat, maka dari itu program ini hendaknya transparan, agar bisa bermanfaat bagi warga PALI khususnya warga tempirai.

Jangan sampai program transmigrasi ini berdampak buruk bagi masyarakat setempat, karena saat ini masyarakat PALI khususnya Tempirai yang tidak memiliki lahan untuk dikelolah sebagai lahan pertanian.

Pemerintah semestinya lebih mementingkan masyarakat lokal ketimbang masyarakat luar sebagai upaya dalam mensejahterahkan masyarakat, jangan sampai mengundang masyarakat luar untuk mengarap lahan pertanian di PALI sementara masyarakat kita masih banyak yang tidak memiliki lahan sendiri untuk digarap untuk lahan pertanian.

Dititik terakhir orasi para mahasiswa ini dilakukan dihalaman depan kantor Bupati PALI yang langsung diterimah oleh Sekretaris Daerah Syahron Nabil didampingi para asisten, berselang sekda memaparkan tentang transmigrasi kepada para mahasiswa, tiba - tiba datang Bupati PALI Heri Amalindo yang langsung melakukan diskusi terbuka dihalaman kantornya.

Bupati berharap mahasiswa bisa membantu proses pengembangan pemukiman yang bakal dijadikan transmigrasi," saya berharap mahasiswa dan masyarakat mendukung program pemerintah ini, kalau seandainya timbul sebuah persoalan mari kita duduk bersama untuk mencari jalan keluarnya,"harap heri. (Len) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.