Upacara HUT Kemerdekaan RI Pemkab Muara Enim Berlangsung Sukses

Muara Enim, Liputansumsel.com--Memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Upacara yang berpusat di Lapangan Merdeka Kabupaten Muara Enim, Sabtu (17/8/2019).

Sebelum upacara pengibaran bendera, Bupati Muara Enim Ir. H Ahmad Yani MM melakukan penyerahan langsung duplikat Bendera Pusaka Merah Putih kepada pembawa baki.

Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ini, Bupati Muara Enim Ir. H Ahmad Yani MM di daulat sebagai Inspektur Upacara sekaligus membacakan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sedangkan Ketua DPRD Kab. Muara Enim di daulat membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Kemudian di lanjutkan dengan pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih dan penghormatan yang berlangsung dengan khidmat.

Setelah Upacara Detik Detik pengibaran bendera merah Putih dalam rangka HUT RI Ke 74, dilaksanakan pemberian penyematan lencana kehormatan penghargaan kepada ASN yang berprestasi di Lingkup Pemkab Muara Enim.

Kemudian penyerahan bantuan dari Pihak PT Bukit Asam berupa 2 unit Mobil pemadam kebakaran dan juga bantuan dari PT Supreme Energy yaitu 1 unit mobil kebakaran.

Acara pun dilanjutkan ke Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) dalam rangka acara ramah tamah dengan Perintis Kemerdekaan, Pejuang, Veteran,
purnawirawan dan Wredatama.

Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM dalam sambutannya di acara ramah tama, Mengucapkan apresiasi tinggi dan ucapan terima kasih kepada Para Pejuang yang sudah hadir dalam merayakan HUT RI Ke 74.


“Tema Hari Uang Tahun ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 “. Dengan semangat Proklamasi 1945 kita dukung kepemimpinan nasional menuju Indonesia unggul demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera, (SDM Unggul Indonesia Maju) hal ini memberikan sinyal elemen kepada kita untuk terus meningkatkan eksistensi dan jati diri kita sebagai bangsa di tengah arus globalisasi dewasa ini.

Dalam memperingati hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 74 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Persada Nusantara berupa upacara peringatan detik-detik proklamasi untuk itu sepantasnya kita merenung dan mengingat kembali apa yang telah kita perbuat terhadap bangsa dan negara tercinta apalagi di tengah-tengah Kita sekarang kita berbaur dengan para pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan pelaku sejarah merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah mereka semakin lama akan berkurang jumlahnya tapi harapan saya sebagai generasi penerus yang telah menerima nilai-nilai juang yang mereka korbankan akan tetap tertanam dalam Sanubari kita masing-masing untuk meneruskan dan mengisi kemerdekaan.

Untuk mengenang dan mengingat jasa yang telah diberikan oleh para Veteran kemerdekaan untuk bangsa dan negara pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 10 Agustus hari Veteran nasional maka setiap tahunnya nanti akan diperingati hari Veteran nasional akhirnya melalui peringatan hari ulang tahun ke 74 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 ini saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Muara Enim pada umumnya, kita yang hadir di sini pada khususnya untuk terus mengobarkan semangat juang Proklamasi 17 Agustus 1945 atau bangsa dan negara Indonesia tercinta ini dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim setiap tanggal 10 Agustus saya kukuhkan sebagai hari Veteran nasional”. Ungkap Bupati Muara Enim di hadapan anggota veteran yang saat ini berjumlah 56 orang dan jumlah janda vetran sebanyak 86 orang dilanjutkan pemberian uang santunan dan Bingkisan kepada Veteran dan Janda Veteran.

Seusai melaksanakan acara ramah tamah, Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim Beserta rombongan lanjut berkunjung ke lapas kelas II B Muara Enim dalam rangka menyaksikan pemberian remisi kepada para Napi serta melakukan peresmian pelayanan kunjungan online,gerobak pintar, jumputan lemang dan lampion.

Selanjutnya, pada sore nya, Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM melalui Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH laksanakan acara Penurunan Bendera Pusaka Merah Putih, dimana pada acara tersebut ditampilkan aktraksi dari PT. Bukit Asam, tbk Tanjung Enim.

Wakil Bupati CTMuara Enim H. Juarsah, SH saat dibincangi awak media, menyampaikan apresiasi tinggi atas terlaksana nya acara bendera yang di mulai dari Penaikan dan Penurunan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Paskibraka Muara Enim dan Forkopimda serta pihak instansi lain nya yang sudah mensukseskan acara ini, sekali lagi kami mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 74, SDM Unggul Indonesia Maju,"Pungkas Juarsah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.