Presiden Jokowi Resmikan Tol Terpanjang Di Indonesia

HD; Palembang-Lampung Tembus 4 Jam
MESUJI - liputansumsel.com - Presiden Jokowi meresmikan   tol terpanjang di Indonesia yakni Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung  Jum'at (15/11) sekitar pukul 15.00 wib. Peresmian Tol tersebut ditandai dengan penekanan serine  yang dipusatkan di  Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240 Desa Mulya Agung, Kec Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung.

Beberapa menteri ikut serta dalam kunjungan kerja  Jokowi yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Juga turut serta  Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru dan Bupati Banyuasin Askolani.

Presiden  Jokowi dalam sambutannya mengakui total ruas jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 Km ini, merupakan jalan tol terpanjang yang pernah Ia resmikan, ditambah lagi dengan ruas jalan tol Kayuagung- Palembang kemudian jalan tol Palembang- Betung. "Panjangnya total 189 Km dan ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah Saya resmikan,  kita sambung lagi tol Kayuagung – Palembang dan Palembang- Betung,” bebernya

Hadirnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)  adalah menciptakan pertumbahan ekonomi baru, kemudian menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, serta memberikan fasilitas kepada central produksi. " Artinya disini kalau ada karet, sawit, ada ikan,  akan mempercepat dan memberikan fasilitasi pada produksi central- central produksi yang ada, yang paling penting menciptakan lapangan kerja,” jelasnya.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ini berkaitan pula  dengan keadilan bagi seluruh rakyat indonesia dimana tidak hanya di Pulau Jawa saja jalan Tol dibangun.  " Kita harapakan Lampung menuju atas hingga Aceh pergerakan nya nanti di tahun 2024, sepanjang 2.700 Km akan diselesaikan,”
ujarnya.

Selain itu juga pemerintah  membangun peradaban kebudayaan yang  sebelumnya lewat jalan kecil-kecil dikampung lebih baik lagi meningkat ke jalan kabupaten, meningkat lagi ke jalan-jalan provinsi dan jalan nasional. Hingga jalan tol seluruh rakyat menikmati,  mobilitas orang, barang dan jasa lebih cepat lagi.

Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Jokowi yang telah menginisasi  pembangunan jalan tol Lampung sampai Palembang.

“ Peresmian Tol Terbanggi-Kayuagung dan Kapal betung telah jalan fungsional tentu ini berkah bagi warga Provinsi Sumsel, yang mendekatkan Provinsi Sumsel dengan pulau jawa yang tadinya kita tempuh dalam waktu 14 jam ke Bakauheni sekarang hanya 4 jam saja. Jadi ada 10 jam terpangkas berapa bbm nya, energi nya yang terhematkan dengan adanya tol ini,” ungkapnya.

Herman Deru berharap sebagaimana  yang telah disampaikan Presiden RI mengenai pertumbuhan ekonomi baru, dapat segera terwujud karena Pemprov Sumsel mendukung penuh apapun tujuannya yang berujung pada kesejahteraan rakyat. " Manfaat ini kita perbesar dengan kita membuat exit-exit menuju centra produksi pertanian, centra produksi kerajinan dan centra produksi pariwisata,”tambahnya.(lim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.