Herman Deru Yakin Menteri KKP Prioritaskan Sumsel

PALEMBANG - liputansumsel.com--Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengharapkan Kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI,  Edhy Prabowo, S.E, MM, M. BA dapat memberikan perhatian lebih untuk daerah ini khususnya di bidang perikanan.



Hal ini menurut Herman Deru sangat penting mengingat sektor perikanan  sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, sebagai putra daerah (Edhy Prabowo) dimintanya  dapat memprioritaskan diri untuk mengangkat lagi potensi perikanan di Sumsel.



"Mudah-mudahan kehadiran beliau di tengah-tengah kita hari ini dapat memajukan  potensi perikanan di Sumsel," ucap Gubernur Herman Deru saat Silaturahmi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI dan dihadiri para  Bupati/Wako se Sumsel serta Intansi terkait di Griya Agung Palembang, Minggu (26/1).



Menurutnya, kehadiran Menteri ini merupakan angin segar bagi Provinsi Sumsel karena beliau membuka diri terkait dengan potensi-potensi perikanan.



"Kita semua punya banyak  sungai, danau , telaga, tapi kita sibuk dengan membuatnya destinasi wisata tanpa mengelola potensi di dalamnya, kenapa tidak kita kolaborasi saja yaitu usaha-usaha produktif sektor perikanan tanpa harus merusak lingkungannya," tegas Herman Deru.



Herman Deru menambahkan, sejumlah jenis ikan di Sumsel yang mendrsak dibudidayakan  seperti ikan baung dan belida.



"Seperti ikan baung berikut ikan belida dapat di budidayakan dengan memanfaatkan potensi air yang ada " ungkapnya.



Dia juga menjelaskan bahwa di Sumsel mempunyai daerah yang berpotensi besar untuk dikembangkan di sektor perikanan  seperti halnya  Pulau Maspari.



 "Disana luar biasa bisa menjadikan tempat pembibitan udang begitu juga ikan," katanya.



Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo mengatakan kunjunganya ke Provinsi Sumsel dalam rangka membangun komunikasi. Menyerap   usulan -usulan untuk dimasukan dalam programnya ke depan.



Menurut  Edhy banyak hal yang menjadi pekerjaan rumahnya dalam memajukan sektor perikanan dengan pemanfaatan potensi yang ada baik untuk budidaya ikan air tawar maupun air asin atau air laut.



"Banyak hal yang kita lakukan. Saya yakin Sumsel  kedepan penghasil ikan terbesar jika ini digarap dengan serius," ungkapnya.



Dia menyebut pulau maspari juga akan direncakan sebagai tempat budidaya semua jenis perikaan laut.



"Kita akan siapkan disana semua jenis budidaya perikanan laut, Ini sangat strategis kita harus bikin terobosan," ungkapnya.



Sebagai putra daerah Sumsel, dia juga meminta untuk mempertahankan tradisi lebak lebung yang selama sudah ada di sejumlah daerah di.Sumsel.



"Kearifan lokal yang sudah ada di Sumsel mari kita jaga seperti lebak lebung yang pangkapannya ramah lingkungan dengan menggunakan jaring. Nah ini juga  harus kita pertahankan," tandasnya. (ril hms)
loading...

Post a Comment

0 Comments