Ini Point Penting Rapat Kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Tahun 2020

MUBA-liputansumsel.com-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Kerja Ke-III Tahun 2020 Masa Bakti 2017-2022, di Kantor Lurah Ngulak Kwartir Ranting Sanga Desa, Kamis (30/1/2020).

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Muba, rapat kerja memang harus dilaksanakan minimal 1 (satu) kali dalam satu tahun. Tujuan nya untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan pada tahun 2019, mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2020, dan merencanakan kegiatan untuk tahun 2021 yang akan datang.

"Selain dari 3 poin tersebut rapat kerja cabang adalah tempat untuk berdiskusi, menyampaikan apa saja yang perlu dibenahi dalam pelaksanaan kegiatan untuk 1 tahun mendatang, mengingat dalam kurun waktu 1 tahun ini banyak sekali kegiatan yang telah kita laksanakan baik kegiatan di tingkat cabang, ranting atau pun kegiatan yang berupa partisipasi tingkat daerah ataupun nasional bahkan internasional. itu semua adalah bentuk kerjasama dari Kwartir cabang dengan Kwartir diatasnya ataupun Kwartir Ranting di dalam wilayah Kuartir Cabang Gerakan Pramuka Muba," ujar Sekda.

Lanjutnya, kegiatan-kegiatan ini tentunya memiliki kekurangan dan hambatan-hambatan. Adapun beberapa hal yang perlu diingat dalam rapat kerja yang perlu diperhatikan diantaranya, Rapat kerja hendaknya menjadi starting point untuk menghasilkan kualitas kegiatan yang lebih baik, kemudian mampu menghasilkan rumusan kebijakan yang berorientasi pada internal dan eksternal organisasi, memetakan hambatan dan pencapaian yang harus ditempuh, sebagai organisasi kepanduan yang mendapatkan kepercayaan, harusnya mampu memerankan diri sesuai dengan peran yang telah diamanatkan dalam UU dan AD/ART Gerakan Pramuka sehingga tetap mendapat apresiasi yang tinggi di tengah masyarakat. serta hendaknya program yang disusun mampu memacu kreativitas anggota pramuka untuk selalu inovatif dan produktif, melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan sikap dalam pencapaian prestasi.

"Pada saat rapat kerja daerah tahun 2019 kuartir cabang gerakan Pramuka mudah mendapatkan predikat kuartir cabang terbaik dengan jumlah kegiatan sebanyak 496 kegiatan di tahun 2018, di tahun 2019 kita telah melaksanakan kegiatan sebanyak 3.956, tentu saja kegiatan kegiatan ini dilakukan mulai dari kegiatan partisipasi di tingkat Gugus depan, ranting, kegiatan yang dilaksanakan Kwartir cabang sendiri, mengikuti kegiatan Kwartir daerah, Kwartir nasional dan internasional. tentunya kita masih berharap dapat mempertahankan predikat terbaik tersebut pada rapat kerja daerah tahun 2020 ini dan kemungkinan kita adalah kuartir cabang yang pertama Sumatera Selatan yang melaksanakan rapat kerja di tahun 2020," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 Kwarcab gerakan Pramuka mendapatkan anggaran sebesar 3 Milyar. Anggaran tersebut tentunya tidak bisa dipergunakan sembarangan karena harus ada pertanggungjawaban. Untuk itulah melalui rapat kerja ini perlu direncanakan penggunaan dana dan akan menjadi program bersama kedepan.

"Perlu kami ingatkan kembali kepada Ketua Majelis pembimbing ranting untuk selalu membantu kwartir ranting dalam jajarannya terkait pengelolaan keuangan, karena kami sangat menyadari kemungkinan pendanaan yang diberikan belum memuaskan namun harus pandai memilih kegiatan yang betul-betul harus diikuti atau hanya memberi bentuk partisipasi saja. Begitu juga dengan adik-adik dewan kerja cabang yang mengadakan sidang paripurna cabang, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya," imbuh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Muba.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Pelaksana Ujang Zuhri SH MH, melaporkan rapat kerja tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Muba dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 30-31 Januari 2020. Diikuti 75 peserta dari 15 Kwartir Ranting dan ditambah Kwarcab Gerakan Pramuka Muba.

Pada rapat kerja ini dilakukan juga penyerahan kendaraan roda dua (motor) kepada Kwartir Ranting Sekayu, sebagai Kwartir Ranting terbaik pada tahun 2019.(agung/rill).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.