Kuota Penerimaan Formasi CPNS Untuk Kabupaten Muara Enim Menurun


Muara Enim, Liputansumsel.com
Peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos verifikasi berkas akan segera mengikuti tahapan berikutnya yaitu tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

SKD CPNS ini akan berlangsung menggunakan komputer atau computer assisted test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menurut jadwal yang dikeluarkan BKN, SKD akan berlangsung selama 10 hari mulai pada tanggal 27Januari - 5 Februari 2020 di Aula Gedung SMK Negeri 1 Muara Enim.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 24 Tahun 2019, tiga tes akan diujikan dalam pelaksanaan SKD CPNS tahun ini.

Ketiganya yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Sebanyak 100 soal akan diujikan, terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Harson Sunardi S.AP M.Si saat di wawancara menjelaskan kepada Liputansumsel.com bertempat di depan Aulan SMKN 1 Muara Enim, Senin (27/1/2020) bahwa seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berlangsung selama 10 hari, perhari dibagi 5 sesi dan persesi jumlah peserta 200 orang.

Selanjutnya Harson menambahkan bahwa Pemkab Muara Enim sudah siap maka kita di berikan kesempatan yang pertama dalam melaksanakan seleksi CPNS Tahun 2020 di Propinsi Sumatera Selatan ini.

"Tahun ini kuota penerimaan kita di Pemkab Muara Enim hanya di kasih 263 orang menurun dari Tahun kemarin berjumlah 300-an sedangkan jumlah kuota yang diajukan sekitar 800-an ,"ujar Harson.

Kemudian bagi peserta seleksi CPNS yang lulus pada seleksi tahap pertama berdasarkan ranking persesi akhir akan seleksi lagi tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sekitar bulan Febuari atau Maret Tahun 2020 ini,"terangnya.

Di sela-sela selesai test di sesi pertama timportal bertanya tanggapan pada salah satu peserta seleksi CPNS yaitu Amira asal Palembang menerangkan bahwa perasaan saya sedikit deg-degan dan sempat panik karena terjadi eror/gangguan jaringan pada sistem CAT saat test berlangsung tadi mengakibatkan loadingnya lama hingga harus login kembali dari awal,"tuturnya.

"Lokasi test ini agak jauh menurut saya dari pusat Kota Muara Enim,"imbuhnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh peserta tes seleksi CPNS asal Muara Enim Mei Kurniawan menyatakan memang benar tadi terjadi eror/gangguan pada jaringan saat test berlangsung.
loading...

Post a comment

0 Comments