Melalui Bursa Kerja Khusus Permudah Siswa Masuki Dunia Kerja

Palembang, Liputan Sumsel.Com - Dengan adanya Bursa Kerja Khusus (BKK) di tingkat SMK, maka memudahkan siswa kejuruan untuk siap memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan minat dan potensi Siswa. Seperti halnya di SMK Negeri 2 Palembang yang telah melakukan Persiapan bimbingan karir untuk kelas 12 dan Ijon.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palembang, Zulkarnain mengungkapkan bahwasanya lulusan SMK tidak susah lagi untuk mencari kerja, sudah dipersiapkan oleh sekolah sesuai dengan lowongan, minat dan Kompetensi.

Di SMK Negeri 2 terdapat 9 Kompetensi Keahlian, dari Mulai Teknik survey pemetaan, gambar bangunan, instalasi pemetaan listrik, kendaraan ringan, sepeda motor, pemesinan, mekatronika, komputer dan Jaringan , dan elektronika industri.

Zulkarnain menambahkan, untuk memasuki zaman yang semakin maju dan menghadapi era digital 4.0, maka di sekolah selalu dilakuan kurikulum pengembangan, PKL promosi, tenaga pengajar tamu dari luar, serta keselamatan kerja, ujarnya.

Titin Martini, selaku ketua BKK SMK 2 Palembang mengungkapkan, dengan daya  serap 100%, maka siswa yang aad siap untuk bekerja, wirausaha, dan masuk perguruan Tinggi.

“Dengan adanya BKK ini, siswa mendapatkan Peluang kerja sesuai dengan jurusan dari lulusan SMK. Saat ini sudah 10 industri yang memasukkan Proposal ke sekolah, tuturnya saat diwawancara di Sekolah SMK Negeri 2 Palembang, Selasa (28/01).

Lanjut Titin, 10 industri yang ada, meliputi teknologi, teknisi, operator, pangan, mekanik, gudang, Mesin, dan sebagainya. Untuk mekanisme nya pun harus Jelas, perusahaan harus masukkan proposal apabila ingin dilakukan kerjasama,”.

Untuk Industri yang akan bekerjasama,harus memberikan  layanan, minimal brosur, proposal resmi dengan datang ke sekolah,selamjutnya akan dipelajari, diadakan survei, dan hunting ke Industri. Apabila sudah memenuhi standar, maka dilakukan jerjasama.

Titin menambahkan, todak hanya dilakukan hanya kunjungan, sekolah juga melakukan persiapan, memasarkan tamatan dari SMK 2 , akan di tanyakan berapa banyak Menyerap tenaga kerja, semuanya sesuai dengan standar Peraturan yang berlaku,” tutupnya. (Ali)

No comments

Powered by Blogger.