Warga Desa Jaya Bakti Sambut Hangat Kehadiran Enos

MARTAPURA-liputansumsel.com-- Besar harapan warga OKU Timur terhadap H. Lanosin Hamzah, ST (Enos)   sebagai  Bakal Calon Bupati OKU Timur periode lima tahun kedepan. Dimana warga berharap Enos dapat menjadi sosok pemimpin peduli dan dekat dengan rakyat seperti sosok Bupati OKU Timur sebelumnya  H. Herman Deru yang kini tengah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan.


Hal ini setidaknya terlihat dalam  silaturahmi Enos dengan ratusan warga desa Jaya Bakti Kacamatan Madang Suku 1 Kabupaten OKU timur, Sabtu (15/2) pagi.


Ratusan warga seolah tidak sabar ingin bertemu dengan Enos yang digadang-gadang berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati  H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H (Yudha) yang tidak lain merupakan putra sulung Bupati OKU Timur saat ini, HM. Kholid Mawardi.


Pasangan Enos-Yudha yang mengusung tagline "OKU Timur Maju Lebih Mulia" ini  sudah dapat dipastikan akan meramaikan pesta demokrasi di OKU Timur pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.


Kehadiran Enos di tengah warga Desa Jaya Bakti kali ini menjadi perhatian bahkan terlihat begitu antusiasnya warga untuk dapat berjabat tangan  dengan Balon Bupati yang menjadi harapan warga OKU Timur itu.


Dalam sambutannya Enos menegaskan

niat yang tulus dan ikhlas  untuk ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan.


Sejumlah terobosan akan dijalankan pria  kelahiran Belitang 31 Mei 1978  ini jika diberikan amanah oleh warga OKU Timur.  Salah satunya  meningkatkan pendapatan warga  melalui sektor pertanian, mengingat  OKU Timur merupakan lumbung pangan yang diperhitungan di Sumatera Selatan.


Enos juga menyebut dalam hal urusan pertanian yang tidak kalah penting adalah ketersedian pupuk  yang mencukupi. Namun  yang kerap  kali pupuk menjadi  keluhkan bagi petani.


Untuk mengatasi kondisi tersebut,  dirinya sudah menyiapkan strategi jitu yakni dengan mendirikan pabrik  pengolahan pupuk organik dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar masyarakat. Sehingga ketergantungan petani pada pupuk kimia dapat ditekan.


“Untuk mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia, kita akan upayakan  pemanfaatan pupuk organik yang diproduksi sendiri oleh petani dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar,” tegasnya.


Selain masalah pupuk Enos juga menitik beratkan pada  pemberian bantuan alsintan atau alat mesin pertanian yang digunakan masyarakat dalam proses produksi pangan.


Alsintan yang digunakan imbuhnya, haruslah yang modern sehingga mekanisasi pengolahan lahan, panen, dan pascapanen dapat dilakukan dengan cepat.


"Nantinya kita akan   data  jumlah kelompok tani yang ada di OKU Timur dan akan kita berikan  Alsintan akan kita berikan dengan merata dan adil. Tidak boleh dikuasai oleh perorangan  atau kelompok tertentu saja. Melainkan harus dimanfaatkan dengan bijak  oleh petani yang membutuhkan,” tambahnya.


Sedangkan untuk sektor perikanan, Enos telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat selain menjual ikan segar dapat juga  diproduksi dalam bentuk ikan olahan seperti dalam bentuk fillet dan aneka jenis olahan  lainnya.


“Untuk menekan biaya produksi khususnya urusan pakan ikan ini. Nanti kita juga akan upayakan petani ikan dapat membuat sendiri pakan ikan kebetulan  bahan baku pakannya melimpah di OKU Timur,” tambahnya.


Disamping itu Enos berencana akan   pembentukan BUMD khusus untuk sektor peternakan yang akan menopang program Swasembada Daging yang pengelolaanya terintegrasi dengan aparat Kepolisian. Sehingga OKU Timur Swasembada daging akan tercapai dengan baik.


“Kita akan terus ciptakan OKU Timur Aman, sehingga akifitas ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan normal. Pemberintahan mendatang kita upayakan dapat membawa  kemaslahatan bagi seluruh masyarakat OKU Timur,” tandasnya.


Sementara itu salah satu warga menyebut warga OKU Timur rindu akan sosok pemimpin yang peduli dan pengayom bagi masyarakat.


"Kami yakin Enos bisolah cak pak Herman Deru. Dari wajahnya sudah terlihat dia orang jujur  dan dekat dengan warga  tidak tempramen dan layak dijadikan panutan.


“Kami warga OKU Timur rindu dengan sosok pemimpin yang penyayang, dekat dengan rakyat dan mengerti kehendak rakyat dan itu ada pada Enos," ungkapnya sambil berlalu. ******

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.