Herman Deru Himbau Ponpes Se Sumsel Disiplin Jalankan Pergub 37

Gubernur Distighosah kebangsaan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020


PALEMBANG -liputansumsel.com-- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H. Herman Deru mengaku bangga dengan keberadaan Forum Pondok Pesantren (Forpess) Sumsel yang saat ini tetap aktif menaungi seluruh ponpes baik yang ada di perkotaan hingga yang ada di pelosok wilayah Sumsel dengan tidak membedakan-bedakan mazhab dan organisasi kemasyarakatan yang melatar belakanginya.


"Forum ini sangat tepat. Alhamdulillah semua Ponpes mau untuk bersatu diwadah ini," ucap Herman Deru saat sambutan di istighosah kebangsaan peringatan hari santri nasional tahun 2020  yang diselenggarakan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forpess Sumsel di Sekretariat DPP Forpess di Jalan Kolonel H Burlian Palembang, Senin (26/10) malam.


Gubernur menilai Forpess  sangat penting peranannya di Sumsel sebagai sarana mempererat tali silaturahmi sekaligus tempat mendapatkan  update informasi terkini tentang ilmu pengetahuan agama maupun ilmu umum lainnya. Untuk itu dia meminta agar  mutu pembelajaran di Ponpes harus dijaga, termasuk urusan kesehatan para santri dan santriwati harus diperhatikan pihak ponpes terlebih dimasa Pandemi Covid 19 saat ini aktifitas Ponpes harus memenuhi syarat Protokol Kesehatan sebagaimana yang telah diatur dalam Pergub No.37 Tahun 2020.


"Kita tahu Ponpes terbanyak diluar pulau Jawa ada  di Sumsel sehingga harus terjaga keukhuwahannya dan saling menjaga kekompakan hubungan tiga pilar yaitu Ulama, Umaro dan Umat," katanya.


Kehadiran Ponpes di Sumsel lanjut Herman Deru sudah banyak membantu Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota  dalam mencerdaskan bangsa. Alumni Ponpes banyak yang berhasil dapat bersaing dengan alumni sekolah umum baik bidang bisnis maupun politik.


Terkait dengan peringatanan Maulid Nabi Muhammad SAW. Gubernur  

mengingatkan agar  umat muslim Sumsel tetap menjadikan Nabi  sebagai tauladan. 


"Ketauladanan Nabi harus kita ikuti dalam gerak langkah kita dalam hidup sehari hari. Inilah bukti cinta kita termasuk acara kita malam ini merupakan bagian dari rasa cinta kita pada Rosulullah," tandasnya.


Sementara itu, Ketua DPP Forpess Sumsel, KH Jamingan menyampaikan terima kasihnya pada Gubernur Herman Deru yang telah menyempatkan diri  hadir pada peringatan Hari Santi Nasional tahun 2020.


"Atas nama Ketua Forpess kami menyampaikan terima kasih kepada bapak gubernur dan para pimpinan Ponpes yang telah hadir," ucapnya.


Menurut KH Jamingan sejak tanggal 14 Desember 2018 lalu hingga saat ini Forpess sudah ada yang dibentuk dibeberapa kabupaten/kota di Sumsel.  Bahkan ada  diantaranya yang telah melaksanakan musyawarah daerah pemilihan Ketua Forpess di masing-masing daerah.


"Kami juga mengapresiasi dan berterima kasihpak Gubernur Sumsel H Herman Deru yang telah memberikan bantuan kepada seluruh Ponpes yang ada di Sumsel dengan jumlah  416 Ponpes. Termasuk juga bantuan dana operasional Ponpes di tahun 2020 ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.