Debat Perdana, Paslon Ilyas-Endang Tunjukkan Kwalitas Terbaik Sebagai Pemimpin


Indralaya.liputansumsel.com--Hari ini kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Ogan ilir mengikuti debat publik perdana Pilkada 2020, debat yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir ini bertempat di ballroom Hotel Harper di Jalan R. Soekamto, Palembang, Kamis (12/11).


Debat perdana ini dipimpin moderator Weny Ramdiastuti, jurnalis yang juga Pemimpin Redaksi sekaligus Kepala Newsroom salah satu media harian di Sumsel.


Sementara untuk 'penguji' kedua paslon, ada empat orang akademisi yang menjadi panelis saat debat perdana dengan tema "Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Ogan Ilir di Masa Pandemi Covid-19."



Mereka adalah DR. Sri Rahayu ahli ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), DR. Hendra Alfani ahli komunikasi dari Universitas Baturaja (Unbara), DR. M. Adil ahli hukum dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah dan DR. Joko Siswanto ahli ilmu sosial dan politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri).



Pada debat ini dibagi menjadi empat segmen yakni penayangan video durasi 3 menit dari masing-masing paslon, disertai paparan visi-misi oleh masing-masing paslon.



Kedua, pertanyaan dari panelis untuk para paslon. Ketiga, pertanyaan dan jawaban antarsesama paslon dan keempat yakni closing statement atau pernyataan penutup dari kedua paslon berupa ajakan kepada masyarakat untuk memilih pada 9 Desember mendatang.



Pada debat perdana ini, pasangan calon bupati Ogan Ilir nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani dan paslon nomor urut 2, Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak beradu program mengenai solusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ogan Ilir di masa pandemi Covid-19.



Meski berbeda visi-misi dan program kerja, secara garis besar, kedua paslon sepakat membangun daerah Ogan Ilir dengan menyejahterakan masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. 



Paslon nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani dengan jargon "Ogan Ilir Bangkit", memiliki visi "Ogan Ilir Bangkit Menuju Masyarakat yang Lebih Sejahtera Berlandaskan Masyarakat yang Beriman, Berakhlak dan Bertakwa."



Sementara paslon nomor urut 2, Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak memiliki visi "Ogan Ilir Semakin Maju, Unggul Bermartabat, Relijius dan Berkelanjutan."


"Misi kami adalah meningkatkan sektor infrastruktur, pertanian, UMKM, kesehatan, berobat gratis. Kami ingin membantu ibu hamil dan melahirkan, bantu asupan gizi yang baik, bantu biaya melahirkan sampai bayi berusia 1000 hari pertama," jelas Ilyas.


Ini dilakukan guna mencegah anak mengalami gizi buruk dan membantu tumbuh-kembanh anak di Ogan Ilir.


Ilyas-Endang juga ingin mengimplementasikan pelayanan sekolah prima, yakni seragam sekolah, sepatu, tas dan alat tulis gratis.


Keamanan dan ketertiban di wilayah Ogan Ilir juga akan ditingkatkan agar banyak investor berinvestasi di Bumi Caram Seguguk.


"Kami ingin beri pelayanan keamanan, ketertiban, agar aman bagi investor untuk berinvestasi di Ogan Ili," kata Ilyas.


Endang PU Ishak selaku wakil Ilyas menambahkan, jika terpilih nanti akan mengimplementasikan program berobat gratis bagi segenap masyarakat Ogan Ilir.


"Karena kesehatan itu tak ternilai harganya. Maka dari itu, kami ingin masyarakat Ogan Ilir mendapat pelayanan kesehatan yang memadai dan gratis," kata Endang.


Sementara, Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati mengungkapkan, eBay perdana ini terselenggara sukses berkat kerjasama semua pihak yang terlibat.


"Syukur alhamdulillah, debat perdana berjalan sukses dan lancar. Debat selanjutnya rencananya akhir November mendatang," jelas ketua KPU Oi.(rul)

No comments

Powered by Blogger.