Header Ads


 

DEWAN PERS VERIFIKASI FAKTUAL MEDIA SIBER Liputansumsel.com


Prabumulih,liputansumsel.com Dalam rangka verifikasi faktual,Rabu (25/11) Tim Dewan Pers kunjungi kantor redaksi media
liputansumsel.com di jalan padat karya perumahan vinasejahtera II blok DD 15 A.

 Tim Dewan Pers yang hadir yakni Ketua Komisi Pendidikan,Pelatihan dan Pengembangan Profesi Jamalul Insan,Kabag Pengembangan Pers dan Hubla Deritawati sitorus,dan staf pendataan Syafitri Indah Kurnia tiba sekitar pukul 13.30 wib disambut langsung oleh Direktur utama PT LIPUTAN SUMSEL MEDIA  beserta Kru Media siber liputansumsel.com


Ketua Komisi Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Profesi Jamalul insan mengatakan Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers.verifikasi faktual yakni  memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan.. Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers

untuk melakukan  verifikasi faktual ini,sebelumnya dewan pers telah melakukan pendataan admisistrasi. Bentuk pendataan ini untuk mengetahui benar tidaknya pemenuhan standar perusahan pers yang dibuat pers nasional.Kami mau mengecek sudah sesuai atau belum dengan data yang diserahkan kepada kami waktu itu,”ujarnya.


Verifikasi faktual ini,lanjut jamal
diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita.

“Di tengah menjamurnya bisnis media online.  media massa harus memenuhi standar yang ditetapkan pers nasional, diantaranya berbentuk perusahaan pers, menguji kompetensi wartawannya, kemudian taat membayar pajak..selain itu  untuk mengetahui mana perusahaan pers yang benar –benar layak dan memenuhi semua syarat,baik syarat undang-undang tentang pers maupun peraturan dewan pers  ,"ucapnya.


Sementara itu Direktur Utama PT Liputan Sumsel Media ,Aswin Ariyanto sangat mengapresiasi Dewan Pers yang telah melakukan
peran aktifnya mendata dan memberikan edukasi tentang  mengelolah  administrasi yang seharusnya dilakukan oleh sebuah media.

“Saya sangat berterima kasih kepada tim dewan pers yang sudah berkunjung ke kantor kami.bagi kami proses verifikasi ini sangat penting sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan media dapat  menjaga kepercayaan publik atas konten berita yang diproduksi,ujarnya(tim redaksi)

No comments

Powered by Blogger.