Feby Deru Lakukan Penilaian Lomba Hatinya PKK Tingkat Provinsi Sumsel

 PKK Desa/Kelurahan Wajib Miliki Progam Unggulan


PALEMBANG - liputansumsel.com--Situasi pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, tak lantas menghambat Ketua Tim Penggerak (TP)  PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia HD  menjalankan semua program kerjanya.



Mengawali agenda kerja di awal pekan, Senin (09/11/2020) pagi, istri orang nomor satu di Sumsel yang lebih akrab disampa dengan Feby Deru ini melakukan kunjungan  ke Sekretariat  TP PKK Kelurahan Sukodadi Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Tujuannya selain melihat dari dekat aktivitas anggota PKK di kelurahan tersebut, Feby Deru juga melakukan penilaian dalam lomba HATINYA PKK dan 10 program pokok PKK  yang digelar di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.


HATINYA PKK merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Dimana Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar rumah untuk ditanami dengan tanaman pangan dan  produktif ataupun tanaman hias yang diharapkan dapat memberikan nilai lebih  diantaranya untuk keindahan dan kenyamanan rumah tempat tinggal.


Dalam kunjungan kerjanya itu, Feby Deru mengatakan,  dalam ajang lomba Hatinya PKK tersebut,  TP PKK Kelurahan Sukodadi dapat mengunggulkan Bidang Kesehatan sebagai program andalan di wilayahnya.


"Antara satu kelurahan/desa  dengan kelurahan lainnya. Tidak harus sama apa yang menjadi unggulkan. Namun disesuaikan dengan  karakteristik wilayahnya. Untuk PKK Kelurahan Sukodadi, bisa mengunggulkan bidang kesehatan. Sebab Ketua TP PKK Kelurahan Sukodadi latar pendidikan akademiknya kesehatan," katanya mencontohkan.


Bidang kesehatan lanjutkan Feby, sesuai dengan 10 program pokok PKK. Terlebih lagi saat ini seluruh dunia tengah dilanda  pandemi covid-19. Dia menyebutkan PKK Kelurahan Sukodadi bisa terus menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat atau melaksanakan pemeriksaan IVA tes bagi para Ibu.


"Jadi Ibu Ketua TP PKK kelurahan Sukodadi beserta tim bisa melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat berupa gerakan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Tujuannya agar masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.


Menurutnya selama ini kegiatan TP PKK umumnya hanya berkutat menonjolkan pada kegiatan kelompok kerja (pokja) saja, sementara pada sistem administrasi masih mengalami kelemahan.


 "Ada baiknya orang yang menjadi  pengurus merupakan orang yang  berkompeten di bidangnya. Sedikit personil tak masalah asalkan bisa bekerja dengan baik dan menjalankan roda organisasi secara maksimal", jelasnya.


Selain melakukan penilaian HATINYA PKK dan memberikan pembinaan bagi para anggota TP PKK Keluruhan Sukodadi,  Feby Deru pun menyempatkan diri meninjau kebun toga Kelurahan Sukodadi dan penerapan 10 program pokok PKK di wilayah tersebut.


Dalam tinjauannya di kebun toga, Feby Deru berpesan agar 10 program pokok PKK di kelurahan Sukodadi terus dilaksanakan secara berkesinambungan dan nyata sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.


"Jangan sampai hanya dilaksanakan sesaat saja ketika ada penilaian lomba PKK. Sebab nantinya para pemenang lomba di tingkat provinsi akan kami ikut sertakan ke tingkat nasional. Atau lomba-lomba lain secara berjenjang", pungkasnya.


Sementara itu  Ketua TP PKK Kota Palembang Selviana Harnojoyo yang turut hadir didampingi Ketua TP PKK Kelurahan Sukodadi Riza Nirmalasari menyampaikan apresiasi atas kunjungan dan pembinaan yang dilakukan Feby Deru.


"Kami senang atas kunjungan kerja beliau di sini. Tentu ini memberikan motivasi bagi kami dan para anggota untuk terus bekerja lebih baik lagi dalam menjalankan  10 program pokok PKK", ujar Selviana Harnojoyo.


Tampak hadir dalam kesempatan itu Camat Sukarami Muhammad Fadly, Lurah Sukodadi Rahmat Ginanjar para  anggota TP PKK Kelurahan Sukodadi dan masyarakat sekitar.

No comments

Powered by Blogger.