Header Ads


 

Pemkab Langkat Apresiasi Inovasi Disdukcapil Muba

Disdukcapil Langkat Studi Tiru Inovasi Disdukcapil Muba 


SEKAYU- liputansumsel.com--Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, telah banyak menciptakan berbagai inovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi-inovasi tersebut ternyata menjadi hal yang menarik bagi kabupaten lain untuk dapat menirunya, seperti yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Langkat hari ini melaksanakan Kunjungan Kerja dalam rangka Studi Tiru ke Kantor Disdukcapil Muba, Kamis (26/11/20).


Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muba Hj Asmarani SSos MSi, mengatakan terima kasih karena sudah berkunjung  dan melakukan studi tiru ke Disdukcapil Kabupaten Muba. Terbentuknya berbagai inovasi ini, memiliki perjalanan yang cukup panjang karena luas wilayah di Muba ini sama dengan luas wilayah Provinsi Jawa Barat. Jadi untuk bisa melakukan pendataan secara merata kepada masyarakat, harus sering dilakukan pengecekan kelapangan sampai ke desa-desa yang terpencil untuk melakukan pendataan.


"Belum lagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini, semuanya serba terbatas dan harus disiplin terhadap protokes. Jadi inovasi ini tercipta karena melihat kondisi, agar pelayanan yang kita diberikan kepada masyarakat tetap baik dan masyarakat merasa puas serta senang,"ujarnya.


Adapun bentuk inovasi yang telah dilakukan Disdukcapil Muba, seperti program support laporan kematian oleh perangkat desa (Suportides) melalui SMS/WA, KIA Go To School yang merupakan program penerbitan Kartu Identitas Anak berdasarkan usul kolektif dari sekolah, jemput bola penerbitan akta kelahiran ke rumah sakit, klinik dan FKAG (Jebol Akta Kelahiran), SIP OK MUBA Sistem Informasi Pelayanan Online Kependudukan Musi Banyuasin dan berbagai fitur pencarian kependudukan. Selain inovasi yang telah diciptakan, harus dapat menciptakan tim yang solid bekerja sama dan juga kompak.


"Semoga Disdukcapil Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara, dapat menerima hal-hal baik dan positif yang ada di Disdukcapil Muba. Berbagai inovasi yang telah kami sampaikan tadi semoga dapat menambah inovasi baru bagi Disdukcapil Kabupaten Langkat,"ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan(PIAK) Disdukcapil Kabupaten Langkat Elvisa SSos didampingi oleh dua rekannya yaitu, Kepala Seksi Data Adi Suroso SKom dan Kepala Seksi SIAK Muhammad Legiawan SIP mengatakan kunjungan hari ini dalam rangka studi tiru inovasi pelayanan yang ada pada Disdukcapil Muba, karena kami lihat inovasi yang ada di Kabupaten Muba sangatlah luar biasa dan Kami apresiasi sekali. Dari Sumatera Utara kami berkunjung ke Muba, ternyata kami tidak salah memilih tempat untuk melakukan pembelajaran ataupun studi tiru. 


Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil ini sangat penting dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta agar tertib dalam melakukan administrasi kependudukan. Itulah diperlukan berbagai inovasi yang bisa dilihat dari kondisi dan juga teknologi saat ini. 


"Mudah-mudahan setelah kami pulang dari sini, kami bisa meniru berbagai inovasi yang ada di Disdukcapil Kabupaten Muba ini dan juga bisa kami terapkan di Kabupaten Langkat,"tandasnya.

No comments

Powered by Blogger.