BPPD OKI KUNKER Ke BPPRD Kab. Muba Guna Belajar Menggali Potensi PAD


MUBA- lipitansumsel.com--Kunjungan Kerja ( Kunker ) studi banding Badan Pengelola Pajak  Daerah ( BPPD ) Kabupaten Ogan Komering Ilir ( Kab. OKI ) ke Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah ( BPPRD ) Kab. Musi Banyuasin ( Muba ), disambut oleh Kepala Badan BPPRD H. Riki Junaidi AP. M.Si bersama sekretaris dan para kepala bidang di Aula Kantor BPPRD Kab. Muba. Selasa ( 01,12,2020 ) 


Dalam rangka menggali potensi Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) dari Sektor Pajak dan Retribusi Daerah, Badan Pengelola Pajak Daerah Kab. OKI terus berorientasi guna mengoptimalkan PAD di Kab. OKI. 


Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Muba H. Riki Junaidi menyampaikan tentang adanya peningkatan ketaatan masyarakat Musi Banyuasin untuk membayar pajak daerah. 


Pada kesempatan itu H. Riki Junaidi  memaparkan dalam meningkatkan PAD, beberapa strategi yang BPPRD Kabupaten Musi Banyuasin lakukan mulai intensifikasi dan ekstensifikasi, penerapan IT berbasis online, kerjasama (Mou) baik Kejaksaan, PLN, BPN, dan Pol PP, peningkatan kualitas SDM pajak termasuk penyesuaian tarif melalui perubahan Perda dan Perbup untuk mengoptimalkan pendapatan pajak daerah.


“Setiap Tahun kita juga mengadakan acara Gebyar Pajak Daerah dengan menyediakan hadiah sebagai perangsang untuk para wajib pajak yang taat membayar pajak daerah sebagai bentuk apresiasi atas ketaatannya membayar pajak”, ungkap H. Riki Junaidi. 


Sekretaris BPPRD Kab. Muba Ardiansyah menambahkan, “Berbagai inovasi telah kami kembangkan mulai berbagai aplikasi perpajakan mulai pendaftaran sampai pelaporan yang dapat di akses melalui website Bpprd.mubakab.go.id termasuk berbagai informasi update mengenai pajak daerah di Kab. Musi Banyuasin,.kedepan insyaallah melalui 7 uptb yang tersebar di 15 kecamatan akan kami koneksikan secara online pelayanan 10 pajak daerah”, tutup  Ardiansyah.


Sementara itu kepala BPPD Kab. OKI Suhaimi, AP, M.Si di wakili sekretaris Badan Dina Junita Nara, ST. M,Si mengatakan bahwa sengaja datang ke BPPRD muba untuk sharing dan melihat langsung terkait pelaksanaan peningkatan PAD yang ada di Muba. 


“Banyak hal yang kami dapat  dari sini, mulai Perubahan Nomenklatur, Penerapan IT, Papadarling, MOu dengan berbagai pihak termasuk Perda dan Perbup Pajak Daerah sebagai bahan kami untuk dapat diterapkan di OKI nanti, dengan harapan dapat meningkatkan PAD kedepannya”.


Di akhir acara Kepala BPPRD Kab. Muba H. Riki Junaidi AP.M. Si menyerahkan plakat dan cindera mata kepada kepala Badan BPPD OKI, Suhaimi, AP, M.Si di wakili sekretaris Badan Dina Junita Nara, ST. M,Si.

Kunker BPPD Kab. OKI ke BPPRD Kab. MUBA di akhiri dengan penyerahan Plakat dari Kepala BPRRD Kab. Muba H. Riki Junaidi AP. M.Si di dampingi Oleh Sekertarisnya Ardiansyah, kepada kepala Badan BPPD OKI, Suhaimi, AP, M.Si di wakili sekertaris Badan Dina Junita Nara, ST. M,Si.


penyerahan Plakat dari Kepala BPRRD Kab. Muba H. Riki Junaidi AP. M.Si di dampingi Oleh Sekertarisnya Ardiansyah, kepada kepala Badan BPPD OKI, Suhaimi, AP, M.Si di wakili sekertaris Badan Dina Junita Nara, ST. M,Si.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.