Forum Pancamandala Sriwijaya, Wadah Pembinaan Ideologi Pancasila Sumsel


PALEMBANG – liputansumsel.com--Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H. Mawardi Yahya  menyambut baik  keberadaan Forum Pancamandala Sriwijaya di Sumsel.  Forum ini menurut dia  memiliki peran strategis dalam pembinaan  dan pengamalan nilai-nilai  luhur yang terkandung dalam Pancasila.


 


Hal tersebut diungkapkannya saat meresmikan Jejaring Pancamandala Provinsi Sumsel yang dipusatkan Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (2/12).


 


“Pancasila  memiliki lima sila yang menjadi dasar dan palsafah hidup bangsa Indonesia. Artinya nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila harus kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Wagub.


 


Dikatakan, jejaring Pancamandala tersebut telah  disepakati oleh lima unsur  mulai dari unsur Pemerintahan, dunia usaha, perguruan tinggi, media serta masyarakat yang melebur dalam Forum Pancamandala Sriwijaya.


 


“Forum ini kita harapkan dapat memberikan edukasi dan pembinaan pada masyarakat terkait dengan pembinaan Ideologi Pancasila  di Sumatera Selatan,” tandasnya.


 


Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Yudian Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel atas dukungannya sehingga terbentuk Forum Pancamandala Sriwijaya.


 


"Kami berharap Pancamdala Sriwijaya ini sebagai wadah berkumpul, berkoordinasi dan kerjasama dalam rangka menjaga utamanya terkait pembinaan ideologi Pancasila," ucapnya.


 


Ditempat yang sama Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP RI Elfira Herawati Siregar mengatakan telah mendorong terbentuknya forum-forum kerjasama disetiap provinsi hingga kabupaten/kota melalui sinergi dan kolaborasi antara lima kekuatan yaitu pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, media dan masyarakat.


 


"Forum Pancamandala Sriwijaya bermakna sebagai forum saling berkolaborasi antar unsur dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di Bumi Sriwijaya," tuturnya.*******


No comments

Powered by Blogger.