Kementerian KominfoFokus Benahi Kualitas Informasi dengan JARKOM


JAKARTA,liputansumsel.com--–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate melalui  Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) selaku pengampu tugas dan fungsi sebagai Government Public Relation (GPR) terus membenahi kualitas informasi terkait kebijakan dan penyelenggaraan tugas pemerintah.


Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan program JARKOM (Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom), sebuah rangkaian pelatihan jurnalistik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). 


Di tahun ini, JARKOM sudah dilaksanakan sebanyak tiga volume.


Setiap volume terdapat lima topik berbeda, JARKOM Volume 3 berlangsung pada 7 hingga 14 Desember 2020.


Di tengah pandemic COVID-19 saat ini, JARKOM hadir dengan mekanisme webinar dan bisa disaksikan melalui channel Youtube Ditjen IKP Kominfo.


JARKOM merupakan tindak lanjut penguatan fungsi GPR yang dituangkan dalam Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.


Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada para menteri, kepala lembaga non kementerian, gubernur, dan bupati/walikota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan dari masing-masing kementerian dan lembaga dalam rangka mendukung pelaksanakan komunikasi publik. 


Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Prof.Dr. Widodo Muktiyo mengatakan, melalui JARKOM Kementerian Kominfo memfasilitasi ASN pengelola media instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan kemampuan teknisnya dalam mengelola dan menghasilkan informasi pada instansi masing-masing. 


Mulai dari mempersiapkan peralatan produksi yang ideal hingga meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten, penanganan media, pembuatan rilis, dan pengelolaan media.



“JARKOM menjadi sarana yang tepat bagi ASN untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan kanal informasi di masing-masing instansi,” kata Prof.Dr. Widodo Muktiyo saat membuka JARKOM Volume 3 sesi terakhirsecara daring dari Jakarta, Senin (14/12/2020).



Dirjen IKP menambahkan, JARKOM Volume I dan 2 yang digelar sebelumnya, mendapatsambutan yang positif.Sebagaitindaklanjutnya, JARKOM Volume 3 digelar di Desember 2020.  


Ada lima topik yang disiapkandalam program JARKOM Volume 3, yaituKomik Strip ala Pemerintah, Mengemas BeritaPilkada dan Pelayanan Publik, Mengemas Kebijakan Permerintah dalam Tulisan Feature, Pengelolaan Media Sosial dan sesi terakhir yang diselenggarakan Senin (14/12/2020) ditutup dengan topik Program Berita di Studio TV. 


Di sesi ini, Kementerian Kominfomengajak ASN untuk belajar memproduksi program TV, teknik presenting program televisi, dan melakukanset-up peralatan dalam studio untuk produksi siaran berita.


Setiap topic dibahas oleh narasum berdar iKominfo Newsroom dan praktisi media.


“Kita dituntut untuk membuat karya bukan kerja, yaitu karya dari GPR Milenial yang dapatmengkomunikasikanberita-beritapositifdaripemerintahkepadapublik,” kata Dirjen Widodo.  


Sebagai informasi, Kominfo Newsroom adalah pengelolaan media oleh Direktorat Pengelolaan Media Kementerian Kominfo. 


Kominfo Newsroom terdiri dari media Portal Indonesia (Indonesia.go.id), Portal BeritaInfo Publik (InfoPublik.id), Indonesia Baik, GPRTV, KomikKomunika, Majalah GPRNews, Jurnal Dialog KebijakanPublik, dan Diskusi Media FMB9. (ril)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.