Header Ads


 

Unggul di 12 Kecamatan, Potret Prediksi Ilyas Endang Menang Besar


Indralaya.liputansumsel.com--Pilkada Ogan Ilir 2020 tinggal menghitung hari. beberapa lembaga survei telah merilis hasil surveinya. Kali ini lembaga survei potret research yang merilis hasilnya, bertempat di Restoran Sederhana Minggu, ( 6 Desember 2020).


 

“Survei ini dilakukan pada tanggal 30 November sampai dengan 5 Desember 2020” Kata Direktur Potret Research Eka Saputra.


 

Pelaksanaan survei ini dilakukan di 16 Kecamatan yang terpilih secara acak dan Proposional 420 responden. Metodologi survei mulitstage random sampling, dengan Tingkat Kepercayaan (confidence level) sebesar 95 persen. Sedangkan rentan margin of error sebesar 4,5 persen.


Dari simulasi elektabilitas kedua pasangan calon, hasilnya 58 persen pemilih ogan ilir memilih Ilyas Endang, 33 persen memilih Panca Ardhani dan 9 persen belum menentukan pilihannya.


“dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pasangan urut 2 Ilyas Endang sangat berpeluang menang besar. Selisih 23 persen sampai dengan 25 persen dari pasangan urut 1 Panca Ardhani yang hanya meraih pilihan sebesar 33 persen,” ujar Eka.


Selain itu, lanjut Dia, berdasarkan hasil uji sebaran cross-tabulation atau elektabilitas dengan Daerah Pemilihan di 16 kecamatan. Calon petahana Ilyas Endang unggul di 12 Kecamatan yaitu Muara Kuang, Rambang Kuang, Lubuk Keliat, Payaraman, Tanjung Batu, Indralaya, Indralaya Utara, Indralaya Selatan, Pemulutan, Pemulutan Barat, Rantau Alai dan Sungai Pinang. Sementara Pasangan urut 1 Panca Ardhani unggul di 4 kecamatan yaitu Tanjung Raja, Kandis, Rantau Panjang dan Pemulutan Selatan.


Eka menegaskan, data tersebut menunjukkan terdapat 64,4 persen yang menyatakan pilihannya sudah tetap atau mantap. Hanya 25,6 persen responden yang menyatakan masih mungkin berubah pilihannya. Kemudian dalam temuan data tersebut, mayoritas 61% menyatakan masih menginginkan Bupati petahana Ilyas Panji Alam, hanya 31% yang mengatakan ingin bupati baru dan 8% tidak tahu tidak menjawab.


 

Eka menilai dari angka survei tersebut menunjukkan Pilkada Ogan Ilir masih akan dilanjutkan oleh Bupati petahana. Sulit pasangan calon urut 1 memenangkan pilkada 9 desember 2020 mendatang karena jarak selisihnya sudah diatas 20%. terang dia.(rul)

No comments

Powered by Blogger.