Lewat Kementan, Qatar Lirik Hasil Pertanian dan Energi Terbarukan di Muba

Bupati Dodi Reza Diajak Vidcon oleh Mentan Yasin Limpo dan Dubes Qatar untuk Indonesia


SEKAYU,liputansumsel.com--- Hasil Pertanian di Kabupaten Musi Banyuasin tiga tahun belakangan ini tidak hanya mendapat respon dan sorotan di level nasional, tetapi juga negara-negara internasional yang punya potensi hasil pertanian yang baik dan berkualitas seperti Qatar juga menyoroti hasil Pertanian di Bumi Serasan Sekate. 


Hal ini diketahui, ketika Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA diajak mengikuti video conference bersama Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH dan Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia HE Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti,  di Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia Gedung A Lantai 2 Jalan Harsono RM Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021)


"Nanti Pemkab Muba akan dijadwalkan dan difasilitasi Kementan RI untuk bertemu dengan pihak Kedubes Qatar untuk Indonesia diskusi dan membahas kerjasama seputar potensi pertanian yang dimiliki Kabupaten Muba," ungkap Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA. 


Kepala Daerah Inovatif ini menambahkan, kerjasama dengan Qatar di bidang pertanian tentu sangat tepat, pasalnya negara Qatar terbilang sangat sukses dalam peningkatan hasil pertanian yang berdampak langsung kepada petani dan warga. 


"Kerjasama juga nantinya akan sinergi agar Muba dapat meningkatkan hasil pangan lokal yang dimiliki Muba," tuturnya. 


Lanjut Dodi, tidak hanya soal potensi hasil pertanian di Muba, namun dalam dialog Vidcon tersebut keunggulan Muba lainnya yakni di bidang energi baru terbarukan melalui hilirisasi minyak kelapa sawit memproduksi IVO menjadi bensin sawit juga akan difasilitasi Kementan untuk bersinergi dengan Qatar. "Dan Alhamdulillah pihak Kedubes Qatar sangat merespon positif dan mengapresiasi hal tersebut, dan Kementan akan memfasilitasi serta mempersilahkan pihak Kedubes Qatar ke Muba," paparnya


Dalam kesempatan tersebut Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia HE Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti, menyebutkan pihaknya akan segera menyiapkan jadwal untuk dialog bersama Kementan RI dan Pemkab Muba dengan harapan goalnya nanti sinergi di bidang pertanian bisa lebih maksimal. 


"Tentu diskusi lebih lanjut akan membahas dan dialog seputar potensi hasil pertanian dan perkebunan yang dimiliki, dan sinergi lebih baik lagi ke depan," ucapnya.


Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH menilai kerjasama di bidang pertanian dan perkebunan nantinya diharapkan dapat berjalan lancar. "Dan potensi hasil pertanian serta energi terbarukan dari komoditas perkebunan di Muba ini nantinya diharapkan dapat menjembatani kerjasama lebih maksimal dari dua negara yakni Indonesia dan Qatar," harapnya. 


Dalam kesempatan Vidcon tersebut juga turut diikuti para Dirjen Kementan RI, dan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA turut didampingi Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto, Kepala Dinas TPHP Muba Ir Thamrin MSi, Plt Kepala Dinas Perkebunan Muba Akhmad Toyibir SSTP MM.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.